DCSIMG

Inspiring Story

Jangan Asal Melamar Kerja, Waspadai Perusahaan Fiktif!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Berbagai modus dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan. Perusahaan fiktif menjadi salah satu buktinya. Bagaimana membedakan antara perusahaan profesional dengan yang fiktif?

shutterstock_259796738Nggak sedikit orang tertipu ratusan ribu hingga jutaan Rupiah akibat melamar di perusahaan fiktif. Berbagai cara mereka lakukan, salah satunya dengan dalih hendak menjadikan para korban sebagai karyawan di perusahaan, tetapi sebelumnya meminta sejumlah uang pendaftaran sebagai salah satu syarat dalam tahap seleksi. Alhasil, pekerjaan nggak kunjung datang sementara uang terlanjur melayang. Karena itulah, sebelum terjerumus dalam penipuan semacam ini, kamu harus lebih berhati-hati saat melamar maupun menerima panggilan wawancara kerja. Sebelum melangkah lebih jauh, cari tahu terlebih dulu kredibilitas perusahaan tersebut.

Zaman sekarang sangat mudah mencari informasi. Tinggal masukkan nama perusahaan sebagai kata kunci di dunia maya, maka kamu akan mendapatkan segudang informasi. Dari sana kamu bisa menilai apakah perusahaan tersebut kredibel atau nggak. Jangan lanjutkan proses jika keterangan di dunia maya nggak meyakinkan. Selain itu, cek juga identitasnya. Alamat dan nomor telepon perusahaan profesionak pasti dapat dilacak. Cobalah menelepon nomor tersebut atau mungkin menyambangi kantornya langsung agar lebih meyakinkan.

Jika kamu sudah sampai dalam tahap wawancara, cek dengan teliti peraturan perusahaan yang diajukan. Perusahaan yang kredibel akan mengajukan kontrak kerja disertai peraturan perusahaan yang sesuai dengan peraturan Departemen Ketenagakerjaan. Jika tampak mecurigakan, terlebih jika kamu diminta untuk mengeluarkan sejumlah uang supaya bisa diterima bekerja, jelas itu merupakan penipuan.

Let’s be smart!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life