DCSIMG

How To Be Happy

Cinta Ayah Pengaruhi Perkembangan Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_146764601

Mengapa pasangan yang bercerai harus tetap menjaga kekompakan mereka dalam mengasuh anak? Nggak hanya ibu, anak pun membutuhkan cinta dari sang ayah dengan porsi yang sama besar.

Ayah memainkan peran yang sama besarnya dengan peran seorang ibu dalam pertumbuhan anak. Raeburn melakukan penelitian ilmiah terkait hal ini, yang kemudian ia publikasikan dalam buku berjudul Do Fathers Matter?. Raeburn juga menliti efek negatif yang mungkin timbul jika ayah nggak terlibat/dilibatkan dalam proses tumbuh-kembang anak. Raeburn pun menyarankan para ayah untuk selalu terlibat, bahkan sejak anak masih di dalam kandungan. “Janin nggak hanya pasif menerima nutrisi dari ibu, tetapi janin juga secara aktif mengirimkan sinyal keluar tubuh ibu. Kemampuan janin ini diperoleh secara genetik dari sang ayah,” jelas Raeburn.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa ayah sangat berperan besar dalam kemampuan berbahasa anak. Ketika ibu dan anak berkomunikasi, biasanya ibu lebih sering menggunakan kata-kata yang memang sudah anak mengerti . Sedangkan ketika berkomunikasi dengan ayah, biasanya kata-kata yang digunakan lebih bervariasi. Dari proses inilah anak mendapatkan kosakata lebih banyak lagi.

Sementara itu, bagi remaja perempuan, mereka yang lebih jarang menghabiskan waktu bersama ayah akan mengalami pubertas lebih awal dibandingkan dengan teman sebaya yang lebih sering menghabiskan waktu bersama ayah mereka.

Jadi, siapa bilang masalah anak hanyalah urusan ibu?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life