DCSIMG

How To Be Healthy

Emotional Eating, Penyebab Utama Kegemukan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_112899022

Sudah diet mati-matian tapi berat badan masih bertahan? Apa yang salah?

Bukan hanya menghilangkan rasa lapar, makanan seringkali dijadikan sebagai media untuk membuatmu nyaman. Jika pernyataan tersebut benar menurutmu, maka nggak salah lagi kalau yang menjadi penyebab utama timbulnya kegemukan adalah emotional eating. Sayang, emotional eating sama sekali nggak bisa memperbaiki masalahmu. Sebaliknya, kamu malah akan merasa kian bersalah karena sudah makan terlalu banyak. Benar?

Emotional eating adalah kondisi ketika kamu mengonsumsi makanan hanya untuk membuat perasaan lebih baik, bukan untuk menghilangkan rasa lapar. Orang yang mengalami emotional eating biasanya bisa tetap makan sekalipun kondisi perut dalam keadaan kenyang. Sesekali merayakan prestasi dengan makan-makan boleh saja. Namun ketika menjadikan makanan sebagai “jalan keluar” dari masalah, kamu sendiri yang akan terlibat masalah. Ya, kamu akan terjebak dalam kebiasaan nggak sehat yang memicu masalah kegemukan.

Untuk menghentikan emotional eating, kamu harus mengenali pemicunya. Orang biasanya makan untuk alasan yang berbeda-beda, begitu juga denganmu. Hindari situasi, perasaan, dan tempat yang memicu timbulnya emotional eating; penuhi hari dengan aktivitas positif, atau mengobrol dengan teman bisa mengurangi ketergantunganmu pada makanan, lho. Tanamkan juga pada diri sendiri bahwa emotional eating justru menimbulkan perasaan nggak bahagia—selain merugikan kesehatan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life