DCSIMG

How To Be Happy

Fakta, Penggunaan Margarin Tingkatkan Risiko Kematian

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_196999385

Beberapa ahli kesehatan menyarankan kita untuk beralih menggunakan margarin ketimbang butter untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Namun penelitian terbaru mengatakan hal sebaliknya.

Penelitian terbaru memuat fakta mengejutkan. Ternyata, lemak hewani nggak meningkatkan peluang manusia terserang stroke, penyakit jantung, ataupun diabetes. Justru lemak-trans yang terdapat dalam margarin lebih berbahaya dan berpeluang meningkatkan kematian hingga 34%, meningkatkan penyakit jantung koroner hingga 28%, serta 21% penyakit kardiovaskular.

“Kami bukan menyarankan untuk meningkatkan konsumsi lemak jenuh. Namun kami memberitahukan bahwa lemak-trans lebih tidak memiliki manfaat bagi kesehatan dan secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung,” ujar Doctor Russell de Souza, asisten profesor di Department of Clinical Epidemiology and Biostatistics, McMaster University, Kanada.

Lemak jenuh biasanya berasal dari produk hewani, seperti daging, susu sapi, kuning telur, dan juga salmon, sedangkan lemak-trans merupakan olahan minyak yang berasal dari tanaman untuk membuat margarin, makanan ringan, dan kue kemasan. Saat ini, kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi lemak jenuh maksimal 10% dan sekitar 1% lemak-trans yang dihitung berdasarkan kebutuhan energi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun tentu kamu masih bisa menggunakan kedua bahan tersebut dengan catatan nggak secara berlebihan. Atau jika masih ragu, konsultasikan langsung dengan dokter gizimu.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life