DCSIMG

How To Be Happy

Jawaban Orangtua jika Anak Bertanya Soal Seks

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_250240567

Pertanyaan paling tricky yang dihindari oleh para orangtua adalah seputar seks. Bagaimana seharusnya kita memberikan jawaban saat si kecil mulai melontarkan pertanyaan tersebut?

Kita nggak pernah menyangka kapan si kecil akan mulai menanyakan persoalan seks. Karena itulah, persiapkan sejak dini jawaban masuk akal jika pertanyaan dari mana bayi keluar atau bagaimana cara membuat bayi terucap dari mulut si kecil dengan keluguannya.

Debbra W. Haffner, M.P.H.—penulis From Diapers to Dating—mengatakan bahwa penyebab ketidakmampuan orangtua menjawab pertanyaan anak tentang seks adalah zaman dulu hampir nggak mungkin ada ruang untuk membicarakan seks dengan orangtua. Wajar jika kamu nggak nyaman membahasnya, tetapi mau nggak mau kamu harus bisa mulai berdiskusi dengan si kecil.

Jika si kecil yang berumur 5–7 tahun bertanya dari mana bayi keluar, kamu bisa menjawab bahwa bayi keluar dari vagina ibu. Jika kamu merasa anak sudah siap menerima penjelasan lebih detail, maka berilah penjelasan secara lengkap. Jelaskan padanya bahwa ketika bayi siap dilahirkan, maka rahim ibu akan berkontraksi dan mendorong bayi keluar. Vagina ibu akan melebar sesuai dengan ukuran bayi dan akan kembali normal setelah bayi keluar. Proses tersebut disebut melahirkan.

Apa yang harus kamu lakukan jika si kecil yang berumur 9 tahun bertanya tentang masturbasi? Jelaskan padanya bahwa masturbasi berkaitan dengan aktivitas sangat pribadi untuk mendapatkan kepuasan seksual. Terlepas dari salah atau benar menurut kepercayaan yang kamu anut, setidaknya jelaskan kepadanya bahwa masturbasi nggak akan menyakitinya secara fisik maupun mental. Berhati-hatilah memilih kata agar nggak terjadi kesalahpahaman. Atau, jika kamu masih ragu, tundalah menjawab pertanyaan dari anak untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life