DCSIMG

How To Be Wealthy

Waktu Tepat Mengenalkan Anak pada Kartu Kredit

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_149714870

Haruskah memperkenalkan kartu kredit pada anak? Kalau iya, kapan waktu tepat untuk memercayakan kartu kredit di tangannya? Jika ini menjadi salah satu pertanyaan besarmu, maka berikut jawabannya.

Untuk beberapa alasan, orangtua lebih memilih untuk membekali anak dengan kartu kredit ketimbang uang tunai dalam jumlah besar. Masalahnya, bagaimana kita tahu bahwa si kecil sudah siap untuk dipercaya memegang tanggung jawab besar ini?

Umumnya, seorang anak diperbolehkan memegang kartu kredit pendamping setelah berusia 17 tahun, usia di mana anak sudah mengerti soal keuangan, termasuk cara kerja kartu kredit—pada tiap gesekan yang dilakukan, ada sejumlah utang yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, pastikan mereka paham jika kartu kredit hanya boleh dipergunakan saat benar-benar dibutuhkan.

Jika memang anak kerap bepergian tanpa pengawasan orangtua, kartu kredit bisa menjadi bekal aman mereka, lho. Segala pengeluaran tercatat rapi, sehingga orangtua bisa mengetahui ke mana si kecil pergi dan apa yang mereka beli. Kartu kredit juga bisa menjadi cara untuk mengajarkan mereka agar lebih bijak mengatur keuangan. Bahkan, kamu sebagai orangtua bisa menerapkan sistem cicilan. Minta anak untuk menyisihkan uang saku dan menyerahkannya kepadamu untuk melunasi cicilan kartu kredit yang telah mereka pakai.

Kalau kamu, lebih baik membekali anak dengan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life