DCSIMG

How To Be Wealthy

3 Masalah Keuangan dan Solusinya

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_157135016

Masalah keuangan berikut ini kerap menghantui kehidupan kita. Lalu, bagaimana solusinya?

Bagaimana aku bisa selamat secara finansial jika kehilangan pekerjaan?

Solusi: Kamu pasti sudah tahu kalau idealnya kamu harus memiliki dana darurat sebanyak tiga kali sampai enam kali biaya hidup? Untuk sebagian kita, tugas tersebut tentu bukanlah hal mudah. Kabar baiknya, jumlah biaya hidup yang dimaksud adalah biaya pokok yang harus kamu keluarkan tiap bulan, misalnya, biaya makanan, asuransi, mobil, dan juga sewa rumah. Jika kamu kehilangan pekerjaan dan dana darurat nggak cukup untuk membiayai hidup selama 3 bulan, tenanglah, kamu bisa tetap bertahan dengan menekan biaya hidup sampai kondisi keuanganmu kembali stabil.

Cicilan dan utang kartu kredit selalu menghantuiku.

Solusi: Jumlah cicilanmu nggak boleh lebih dari 33% jumlah pemasukan bulanan. Namun jika utang kartu kreditmu sudah terlanjur besar, kamu bisa menyiasatinya dengan mengurangi beban utang secepat mungkin. Hentikan penggunaan kartu kredit sampai utangmu benar-benar lunas. Untuk pembayaran, sesuaikan dengan nominal terbesar yang sanggup kamu bayarkan tiap bulan. Ingat, semakin lama utang kartu kredit dilunasi, maka semakin besar pula bunga yang harus kamu bayar.

Aku belum memiliki cukup tabungan untuk pensiun.

Solusi: Kamu harus bisa mengumpulkan 80–85% biaya hidup selama setahun di usia produktif-mu. Biaya hidup yang harus dikumpulkan bisa sedikit berkurang jika kamu menerima tunjangan pensiun bulanan dari kantor. Jadi, nggak perlu lagi khawatir membayangkan masa pensiun. Selagi bisa berkarya, mulailah mencicil biaya hari tua.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life