DCSIMG

How To Be Happy

Waspadai Dampak Kecanduan Perangkat Teknologi pada Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_251692618Anggota keluarga yang sibuk dengan perangkat teknologi masing-masing jadi pemandangan biasa beberapa tahun terakhir. Ya, nggak sedikit juga orangtua yang menggunakan gadget sebagai alat untuk mencegah si kecil rewel, sementara mereka pun bisa asyik online atau bermain game. Jika kamu salah satunya, waspadai efek berikut ini.

Perangkat teknologi hampir nggak bisa dipisahkan dari masyarakat, khususnya masyarakat urban. Belakangan ini, gadget bahkan menjadi “sahabat baik” anak-anak. Jadi, nggak heran melihat pemandangan anak-anak yang duduk diam, terisolasi dari dunia luar, dan lebih menikmati bermain gadget.

Namun tahukah kamu kalau “kecanduan gadget” membuat anak-anak menghadapi dampak serius dalam perkembangan fisik, kepribadian, hingga intelegensia mereka? Terlalu sibuk dengan gadget membuat komunikasi antara anak dan orangtua berkurang. Situasi seperti ini menjadi awal tumbuhnya generasi dengan sifat egois di kemudian hari. Nggak berhenti di situ, sikap pasif anak saat sedang menggunakan gadget dapat meningkatkan risiko timbulnya obesitas, mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang antisosial.

Untuk menghindari dampak buruk di atas, sebaiknya kamu dan pasangan secara kompak membuat peraturan soal penggunaan perangkat teknologi pada anak-anak. Tentukan waktu, kapan mereka bisa menggunakan gadget, dan kapan harus terlepas dari alat pintar ini.

Punya masukan agar peraturan ini bisa diterapkan dengan baik? Yuk, share di kolom komentar.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life