DCSIMG

How To Be Happy

Tips Mengajarkan Konsep Keuangan Sesuai Umur Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_184401734

Kamu sudah bisa mengajarkan konsep keuangan sejak dini kepada si kecil. Berikut tahapannya, menurut pakar keuangan Beth Kobliner. Simak!

Umur 4 tahun

Pada umur 4 tahun, anak sudah bisa membedakan keinginan dan kebutuhan. Nah, saat kamu membawa si kecil berbelanja, ajak ia melihat apa yang dapat dibeli dengan uang Rp10.000,-, misalnya, membeli susu segar atau permen? Mana yang termasuk keinginan dan mana yang kebutuhan? Cara ini juga bisa kamu terapkan saat anak meminta dibelikan mainan atau camilan.
Umur 6 tahun

Si kecil mulai memahami nilai uang dan perbandingan harga ketika berbelanja, terutama ketika mempunyai uang sendiri. Saat si kecil mendapatkan angpao hari raya atau hadiah di hari ulang tahunnya, biasanya ia nggak sabar membeli mainan yang telah lama diincar. Nah, mulailah mengedukasinya tentang barang apa yang lebih bermanfaat untuk ia beli.
Umur 8 tahun

Di usia ini, si kecil mulai bisa menyisihkan uang. Bukakan rekening tabungan khusus anak supaya ia lebih termotivasi dan bersemangat. Mengajarinya disiplin menyisihkan uang memang baik, tetapi kamu juga perlu memberikannya sedikit kebebasan, misalnya menggunakan sebagian tabungan untuk membeli kado ulang tahun teman. Ini juga bagian dari edukasi, yaitu membangun tanggung jawab finansial.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life