DCSIMG

How To Be Healthy

Lebih Sering Berpelukan Demi Kesehatan, Yuk!

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_213734683

Aktivitas yang satu ini memang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama orang yang kita sayangi. Berpelukan juga mempunyai efek bagi kesehatanmu, lho.

Sering merasa tertekan atau stres berat? Peluk seseorang seerat mungkin, bisa teman, sahabat, orangtua atau siapa pun yang membuatmu nyaman agar sejumlah hormon kortisol (penyebab stres) yang ada dalam tubuhmu menurun. Pelukan yang erat juga melepaskan ketegangan tubuh dengan mengirimkan sinyal ketenangan menuju otak. Bahkan, pelukan ayah pada anak dapat meningkatkan rasa percaya diri karena pelukan itu ampuh menghilangkan kekhawatiran dan rasa takut anak.

Manfaat lain dari pelukan adalah menyehatkan jantung. Dalam sebuah penelitian di University of North Carolina, partisipan yang nggak melakukan kontak dengan pasangan memiliki detak jantung lebih cepat dibandingkan mereka yang memeluk pasangannya selama penelitian ini. Wow!

Pelukan juga membantu menurunkan tekanan darah. Ketika seseorang memelukmu, sensasi pada kulit mengaktifkan reseptor tekanan yang disebut sel-sel pacinian. Sinyal sentuhan kemudian dikirimnya menuju saraf vagus, bagian otak yang bertanggung jawab menurunkan tekanan darah.

Nah, rajin-rajinlah berpelukan karena banyak manfaatnya.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life