DCSIMG

How To Be Wealthy

Rekening Bersama vs Rekening Terpisah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_286211252

Sebelum menikah, ada baiknya kamu dan pasangan membicarakan pengaturan keuangan ketika nanti resmi menjadi suami-istri, termasuk soal pilihan menggunakan rekening bersama atau terpisah.

Menurut seorang akuntan dan penulis Frugal, Clare Levison, kedua opsi di atas memiliki nilai plus dan minus. Rekening bersama bisa menjadi cara bagimu dan pasangan untuk menyatukan dua kepribadian. Artinya, dalam menyusun anggaran rumah tangga, masing-masing membangun kepercayaan satu sama lain. Namun dengan memakai metode rekening bersama, sangat mungkin akan timbul konflik di kemudian hari akibat perbedaan pendapat. Misalnya, suami merasa memiliki aset tertentu dan ingin mengembangkannya, sementara istri menolak.

Lain halnya dengan rekening terpisah, penggunaan rekening tabungan dikelola masing-masing sehingga mempermudah urusan pribadi. Ketika kamu ingin membeli aset atau berinvestasi, maka nggak membutuhkan pertimbangan dari pasangan. “Rekening terpisah memberikan privasi dan itulah yang diperlukan dalam sebuah penikahan,” jelas Levison. Dampak buruknya, biasanya timbul kecurigaan atau rasa kurang percaya salah satu atau bahkan kedua belah pihak karena masing-masing nggak mengetahui detail pemasukan dan pengeluaran pasangan.

So, kamu pilih yang mana? Saran Levison, baik rekening bersama maupun rekening terpisah, yang terpenting adalah komunikasi pasangan. Segala sesuatu bisa diputuskan bersama, atau paling nggak saling mengetahui alur keuangan agar nggak menimbulkan konflik yang berujung pada perpisahan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life