DCSIMG

How To Be Happy

Pastikan Si Kecil Siap Hadapi Hari Pertama Sekolah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_271369505

Anak yang menangis di hari pertama sekolah sebenarnya normal dan wajar. Hal itu merupakan proses adaptasinya di tempat baru dengan orang-orang yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Namun biasanya orangtua akan merasa cemas si kecil mogok sekolah atau khawatir dia nggak bisa bersosialisasi dengan baik.

Berhenti was-was menjelang tahun ajaran baru yang artinya hari pertama si kecil bersekolah kian dekat. Berikut beberapa saran Dr. Bob, psikolog Askdrsears.com, untuk menghadapi kesulitan memperkenalkan anak pada sekolah.

Masa perkenalan

Pertama kali yang perlu kamu lakukan sebagai orangtua adalah mencoba mengenalkan si kecil pada sekolah yang akan dipilih. Lakukan survei ke beberapa tempat dan perhatikan reaksi anak. Perhatikan juga bagaimana para guru berinteraksi dengan murid.

Hari pertama

Pada hari bahkan minggu pertama anak sekolah, usahakanlah mendampinginya, setelah itu coba untuk meninggalkan si kecil walaupun anak merengek. Ini untuk melatih keberanian, kemandirian, dan memancingnya untuk mulai berinteraksi dengan teman sebaya, nggak melulu mengandalkan orangtuanya.

Jadi sahabat

Pada umumnya, anak merasa takut nggak merasa nyaman di sekolah. Untuk mengatasi perasaan itu, kamu bisa jadi teman dekat yang siap mendengarkan curahan hati dan cerita soal kegiatan si kecil, dengan begitu kamu lebih mudah memantaunya, kan? Namun jika anak tetap menangis dalam jangka waktu nggak wajar, coba cari tahu penyebabnya atau konsultasikan pada pihak sekolah.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life