DCSIMG

Inspiring Story

Mengkritik Atasan? Boleh!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_182529797

Sehebat apa pun pimpinan pasti ia memiliki kekurangan, jadi atasan juga boleh dikritik. Namun kebanyakan karyawan enggan melakukannya karena alasan tertentu. Nah, jika kamu berniat menyampaikan kritik, coba ikuti aturan mainnya.

Pilihlah kata yang baik dan sampaikan tanpa muatan emosi

Mengkritik atasan nggak ada salahnya, tetapi kamu tetap harus menggunakan kalimat yang baik. Kalau perlu, beri pujian terlebih dulu sebelum menyampaikan maksudmu. Ini penting, kuasai juga nada bicara dan emosi agar pesan yang kamu bawa bisa diterima atasan dengan baik.

Jangan mengkritik di depan umum

Niat hati menyampaikan masukan demi kebaikan perusahaan, tapi kalau dilakukan di waktu dan tempat yang kurang tepat bisa jadi petaka. Karena itu, pastikan kamu meminta waktu untuk mengobrol berdua saja dengan atasan. Jangan pernah menyampaikan kritikan di hadapan karyawan lain, bagaimanapun kamu wajib menjaga perasaannya.

Kritiklah secara profesional, bukan subjektif

Penyampaian kritik sebaiknya nggak melenceng dari sikap profesionalisme, artinya pastikan ini berkaitan dengan pekerjaan atau kinerja atasan. Jangan melemparkan kritik berdasarkan rasa suka atau nggak suka, karena selain nggak etis, hal ini berpotensi memicu konflik.

Siapkan solusi

Jangan lupa bawa juga solusinya. Jangan sampai kritikmu dimentahkan atau kamu malah balik dikritik karena dianggap nggak memberikan solusi apa pun untuk perusahaan.

Bagaimana, sudah siap mengkritik atasan?

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life