DCSIMG

How To Be Wealthy

6 Cara Atur Keuangan untuk Pekerja Lepas

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_239927431

Meski bekerja freelance itu menyenangkan karena nggak terpatok pada jam kerja, tetapi ada kelemahan dari sisi finansial karena pemasukan yang nggak tentu. Siasati, yuk.

Dahulukan Kebutuhan Pokok

Buatlah daftar kebutuhan pokokmu tiap bulan, mulai dari biaya makan, listrik, air, hingga cicilan rumah. Jika sudah tahu jumlah pastinya, segera sisihkan penghasilanmu untuk memastikan segalanya terpenuhi.

Siap Dana Darurat

Karena besarnya penghasilan seorang pekerja lepas nggak pasti tiap bulannya, kamu harus selalu menyisihkan uang untuk keperluan darurat sebesar 20–30% gaji. Belajar menyisihkannya secara berkala, ya. Dana ini khusus digunakan untuk keperluan mendadak, jadi jangan sampai dipakai untuk keperluan lainnya.

Catat Pemasukan

Bagi pekerja lepas, penting mengetahui besarnya pemasukan dan pengeluaran tiap bulan, karena dari sana kamu bisa membuat target pemasukan minimum dan meminimalisasi pengeluaran. Untuk itu, mulailah mencatat secara lengkap aktivitas finansial dan susunlah anggaran untuk membuatmu displin.

Simpanan

Untuk kamu yang memiliki target khusus, misalnya mempersiapkan modal pernikahan atau membeli rumah, hendaknya juga mulai memasukkan anggaran simpanan dalam catatan pengeluaran tiap bulan. Jadi, walaupun penghasilan nggak menentu, perbulan nggak ada halangan bagimu untuk tetap menyisihkan uang sebagai simpanan masa depan.

Asuransi Kesehatan

Sebagai pekerja tanpa ikatan, kamu nggak bisa mendapatkan Asuransi Kesehatan seperti pekerja kantoran. Untuk itu, sebelum memutuskan menjadi pekerja lepas, pastikan kamu sudah terlindungi oleh Asuransi. Istilah yang sering kamu dengar, sedia payung sebelum hujan, itu ada benarnya.

Kurangi Gaya Hidup Konsumtif

Seorang pekerja lepas yang sukses adalah yang bisa menjaga pola hidup, dalam artian lepas dari kebiasaan konsumtif, karena seringkali pekerja lepas mengalami kesulitan keuangan hanya karena nggak bisa menahan napsu belanja dan hasrat untuk bergaya hidup eksklusif. Siasati sifat tersebut dengan mengalihkan sebagian penghasilan pada instrumen Investasi, seperti membeli logam atau Reksa Dana.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life