DCSIMG

How To Be Wealthy

Cara Bijak Kelola Tunjangan Hari Raya

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_153675968

Tunjangan Hari Raya (THR) yang dikelola dengan baik bisa membuat kamu kaya di hari tua. Kok bisa? Ini caranya.

Sudah memiliki rencana dengan uang THR yang baru saja turun? Kalau biasanya THR dihabiskan untuk mudik atau berburu barang-barang diskonan, bagaimana kalau tahun ini merencanakan sesuatu yang berbeda? Faktanya, THR bisa jadi modal pensiunmu lho, asal dikelola dengan bijak.

Dikutip dari buku WealthFlow 19: Rahasia tentang Uang, Kekayaan, dan Kesejahteraan, sebagai langkah awal, kamu harus bisa memilih mana yang hanya keinginan (wants), dan mana yang kebutuhan (needs). Wants biasanya dekat dengan kebutuhan sesaat karena adanya uang dalam jumlah besar, misalnya ya THR. Sementara itu, needs adalah kebutuhan yang sebenarnya. Setelah bisa memilah mana wants dan needs, maka segeralah mengalokasikan THR ketika memperolehnya dengan rumus 3-3-4.

Seperti ini ilustrasinya, sisihkan 30% uang THR-mu untuk tabungan dan investasi, kemudian 30% untuk menyelesaikan cicilan atau utang. Sisanya, 40%, untuk memuaskan keinginan, misalnya berbelanja, berlibur, atau mudik.

Keuntungan mempraktikkan rumus 3-3-4 ini, meski jatah 40% sudah dihabiskan, kamu sudah memiliki tabungan dan investasi. Nah, bayangkan kalau tiap tahun kamu bisa displin mengalokasikan 30% untuk investasi dari THR atau bonus tahunan, tentu ini bisa jadi modal untuk memperoleh rasa nyaman saat pensiun, bukan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life