DCSIMG

How To Be Happy

Tips Mudik Aman (Secara Finansial)

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_151787651

Mudik menjadi kegiatan rutinmu bersama keluarga tiap tahun? Sayangnya, mudik seringkali nggak dipersiapkan dengan matang dari segi finansial karena mengandalkan uang Tunjangan Hari Raya, padahal:

Idealnya, anggaran mudik sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari, karena mudik bukan kegiatan mendadak yang tanpa rencana.? Jadi, mulai biasakan menyisihkan 10% penghasilan bulanan untuk pos mudik.

Hindari menggunakan gaji bulanan untuk bekal mudik. Ambillah sebagian THR-mu dan tabungan mudik yang sudah dipersiapkan sejak lama untuk segala kebutuhan selama pulang kampung. Dengan begitu, uang THR sisanya bisa disisihkan untuk berinvestasi.

Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, tentu biaya transportasi akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Namun bagi yang memilih transportasi umum, mulailah mencari informasi kegiatan “mudik bersama” yang biasanya marak ditawarkan perusahaan-perusahaan besar. Nah, bagi yang memilih menggunakan pesawat atau kereta api, bisa membeli tiket 3 bulan sebelum mudik.

Bawalah uang secukupnya, tentu setelah menghitung pos pengeluaran sejak berangkat, di kampung halaman, hingga kembali. Sesuaikan jumlah uang dengan semua kebutuhanmu, nggak perlu berlebihan yang memancingmu jadi boros.

Perlu diingat, perjalanan mudik membutuhkan perlindungan. Karena itu, pastikan dirimu dan keluarga sudah terlindung dengan asuransi. Dengan melakukan persiapan matang, tentu mudik akan lebih menyenangkan, aman, dan nyaman. Ya, kan?

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life