DCSIMG

How To Be Wealthy

Yuk, Rencanakan Dana Pensiun Sejak Umur 20-an!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_57502237

Rencanakan pensiun sejak muda lewat 3P: Pemasukan, Pengeluaran, dan Proteksi. Apa itu? Baca selengkapnya di bawah ini, ya.

Pemasukan

Jangan bayangkan kamu bisa menyimpan uang dalam jumlah besar ketika berumur 20-an, karena pada saat itu penghasilan masih belum terlampau besar. Namun ingat saja pepatah sedikit-sedikit, lama-kelamaan menjadi bukit itu benar.

Inilah yang dilakukan oleh Bapak Investasi Dunia, Warren Buffet. Sejak muda, ia sudah menyisihkan uangnya ke berbagai instrumen investasi. Memulai investasi sejak muda, walau dengan uang sedikit, akan memberikan hasil yang luar biasa di kemudian hari ketimbang berinvestasi di usia tua. Alasannya, selain membutuhkan banyak dana, rentang waktu investasi terlampau pendek, sehingga uang yang dihasilkan nggak maksimal.

Pengeluaran

Berhemat sejak usia muda dapat menjadi kunci sukses pengendalian pengeluaran di masa pensiun. Tentunya, ketika mengurangi pengeluaran kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan pokok yang harus tetap dipenuhi ya. Jangan sampai kamu menjadi kikir untuk diri sendiri dan nggak bisa menikmati hasil kerja kerasmu. Tetaplah realistis.

Proteksi

Ternyata, premi asuransi jiwa lebih murah saat kamu membeli produk pada usia muda. Kok bisa? Ya, karena perusahaan asuransi menganggap saat muda, seseorang belum rentan terhadap berbagai penyakit. Itu sebabnya sejak muda kamu harus sudah memproteksi diri. Selain itu, masa depanmu lebih terjamin dengan adanya asuransi jiwa dan kesehatan. Lindungi pula aset-asetmu dengan asuransi, dengan demikian ketika musibah datang tanpa didga, apa yang kamu miliki tetap terlindungi.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life