DCSIMG

How To Be Wealthy

5 Penyebab Bulan Puasa Lebih Boros

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_101952889

Belajar dari bulan puasa tahun-tahun sebelumnya yang over-budget, tahun ini jangan sampai kamu mengulang lagi kesalahan pengaturan keuangan.

  1. Harga Naik

Kenaikan harga barang di bulan puasa bukan hal baru. Dan meski harga melonjak, suka atau nggak, kamu tetap harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari, bukan? Ini yang menyebabkan pengeluaran lebih banyak. Siasati dengan bijak, jangan membeli barang yang nggak terlalu kamu butuhkan.

  1. Lapar Mata

Sadar atau nggak, kamu seringkali lapar mata. Semua terlihat enak dan ingin dibeli untuk menu berbuka, padahal 1 porsi menu berbuka sudah mengenyangkan. Inilah yang menyebabkan kamu lebih boros. Bukankah puasa mengajarkanmu untuk mengendalikan hawa napsu dan emosi? Jadi, belilah makanan sesuai kebutuhan, bukan keinginan mata.

  1. Diskon Menggoda

Maksud hati hanya ingin cuci mata sambil menunggu waktu berbuka, nyatanya kamu malah memborong belanjaan. Ini karena hampir semua pusat perbelanjaan menawarkan diskon menggiurkan. Kalau kamu tipe yang mudah terbawa suasana, mintalah teman untuk mengingatkanmu agar menahan diri. Kamu pun mesti ingat untuk irit agar keuangan mencukupi sampai gajian datang.

  1. Undangan Buka Bersama

Bulan puasa digunakan sebagai ajang reuni. Undangan berbuka sambil temu kangen ini tentu nggak hanya datang satu atau dua kali. Nah, tingggal hitung biaya yang mesti kamu keluarkan untuk acara semacam ini, jangan sampai pengeluaran membengkak karena nggak diperhitungkan sebelumnya.

  1. THR

Penyebab boros di bulan puasa juga karena kamu merasa percaya diri akan mendapatkan THR. Uang tunjangan ini memang begitu dinanti dan jumlahnya pun menggiurkan. Namun ketimbang melayang untuk membeli barang-barang tanpa nilai investasi, bukankah lebih bermanfaat untuk membeli polis asuransi yang menawarkan proteksi sekaligus investasi?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life