DCSIMG

Inspiring Story

3 Tanda Kamu “Kecanduan” Kerja

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_246750811

Bekerja dengan giat tentu baik bagi kariermu. Namun kalau sudah sampai kecanduan kerja alias workaholic, ini nggak baik. Segera cari solusinya!

Pertama, coba ingat kapan terakhir kamu hangout bareng teman. Akhir pekan kemarin, kamu bersenang-senang atau malah sibuk berkutat di depan laptop? Jika sudah lupa kapan terakhir berkumpul dengan keluarga atau teman, mungkin kamu seorang workaholic.

Solusinya, coba katakan “ya” pada ajakan teman untuk sekadar makan siang atau hangout. Buat catatan kecil pada laptopmu akan janji tersebut, dan tinggalkan sejenak pekerjaanmu!

Kedua, rekan sekantor banyak mengeluh. Coba perhatikan, apakah rekan satu tim, satu divisi, atau satu bagian di kantor tiba-tiba meninggalkanmu? Ya, bisa jadi mereka terganggu dengan sikapmu. Mungkin, di mata mereka, kamu adalah robot yang gila kerja hingga lupa cara bersenang-senang.

Solusinya, cobalah mengubah ritme kerja. Beri kesempatan pada rekan kerja untuk mengobrol denganmu mengenai hal-hal di luar pekerjaan. Sempatkan juga mengajak mereka jalan-jalan sepulang kerja agar hubungan kembali membaik dan kamu memiliki teman-teman yang mendukung kariermu, bukan sebaliknya.

Ketiga, perhatikan apakah akhir-akhir ini kamu sering mengalami migren, kesulitan tidur, hingga rambut rontok? Ini tanda tubuhmu butuh beristirahat.

Solusinya, perbaiki pola makan dan istirahat, lalu yang terpenting adalah memperbaiki pola kerja. Usahakan untuk memberi ruang bagi tubuh dan pikiran untuk rileks, nggak terus-menerus dipakai untuk berpikir dan membuat keputusan. Percayalah, tubuh punya sinyal kuat untuk mengatakan sesuatu yang nggak beres sedang terjadi. Listen to your body!

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life