DCSIMG

How To Be Happy

Kegiatan Seru untuk Isi Liburan Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_248454919

Ada satu lagi nih, kegiatan seru untuk mengisi liburan si kecil, yaitu berkemah. Kegiatan ini memang belum jadi aktivitas favorit banyak keluarga dengan alasan keamanan dan keselamatan karena anak harus berjauhan dari orangtua untuk sementara waktu. Padahal, ada banyak manfaatnya, lho.

Menumbuhkan keberanian

Manfaat utama berkemah adalah menumbuhkan keberanian pada anak. Sementara waktu, mereka dituntut untuk hidup tanpa campur tangan orangtua sehingga kegiatan ini melatih mentalnya jadi lebih kuat dan nggak mudah cengeng.

Melatih kemandirian dan kedisiplinan

Saat kegiatan berlangsung, anak dengan sendirinya terlatih mandiri. Sebisa mungkin ia menjaga barang-barang yang ia bawa, dan mengemasinya sendiri setelah digunakan. Berkemah juga mengajarkan anak displin soal waktu, seperti waktu untuk tidur, bangun, makan, mandi, dan menyelesaikan tugas yang diberikan pemimpin regu.

Belajar beradaptasi dan cinta lingkungan

Anak yang dibiasakan ikut berkemah akan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk teman-teman barunya, karena ia dilatih untuk bisa berbaur dan bekerja sama dalam menyelesaikan tiap tugas. Tak cuma itu, alam akan menjadi karibnya. Ia akan lebih peduli dan menjaga lingkungan karena mengerti betapa pentingnya memelihara tempatnya lahir dan bertumbuh.

Membantu atasi masalah

Biasanya para instruktur telah menyiapkan beberapa simulasi yang dikemas dalam bentuk permainan beregu. Dari simulasi itu, anak-anak akan diminta menyelesaikan tahap demi tahap tantangan, dan hal ini memacu mereka menemukan jalan keluar terbaik agar jadi pemenang.

Mengurangi ego

Setiap anak dilatih untuk mengendalikan emosi dan ego yang dimiliki, misalnya rasa takut, kerinduan pada orangtua, perasaan ingin menguasai sesuatu, hingga kepemimpinan yang berlebihan. Sepulang dari berkemah, sifat si kecil yang manja dan mau menang sendiri bisa berubah!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life