DCSIMG

How To Be Happy

Liburan Sekolah, Momen Ajarkan Anak Keuangan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_184401734

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan sekolah, salah satunya dengan mengajarkan dasar keuangan pada si kecil.

Celengan

Cara mudah untuk mengajarkan anak menabung adalah dengan memberikannya sebuah celengan. Tak perlu membeli, kamu bisa memanfaatkan kaleng susu bekas atau kardus kemasan makan dan buat lubang di bagian tutupnya. Minta si kecil menabung uang koin kembalian belanjaan, dengan begitu ia akan terbiasa menyisihkan uang.

Konsep Hemat

Mengajak balita untuk berhemat dan memperkenalkan apa itu “biaya”? Bisa. Mulailah memberikan pelajaran keuangan di supermarket. Informasikan bahwa barang yang sama bisa didapat dengan harga lebih murah jika dibeli dalam kuantitas tertentu. Perkenalkan juga si kecil dengan promosi, seperti beli dua gratis satu. Nah, ini bisa jadi modal anak untuk bijak mengatur pengeluaran di masa depan.

Target Keuangan

Pengetahuan soal keuangan belum lengkap kalau tak dipraktikkan. Karena itulah, minta anak menentukan target menabungnya sendiri. Misalnya, jika ia ingin membeli mainan seharga Rp200 ribu, maka jadikan angka tersebut sebagai target menabungnya. Ini akan mengajarkan anak disiplin dan memberikan kepuasan pada anak karena bisa membeli mainan dengan uang yang ia kumpulkan sendiri.

Nah, dengan mengerti keuangan sejak kecil, anak-anak akan lebih terhadap kebiasaan menabung, berhemat, sekaligus belajar tentang pengelolaan keuangan.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life