DCSIMG

How To Be Wealthy

Ini yang Perlu Dilakukan Jelang Umur 30

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_165023732

Untuk meraih kemandirian dan kemapanan secara finansial sebelum umur 30 tahun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Ini dia, Bright Friends.

Mandiri

Semakin bertambah usia, semakin bertambah pula pengeluaran kita, mulai dari biaya menikah, melahirkan, membayar cicilan rumah, membeli kendaraan, hingga nantinya membayar sekolah anak. Sementara itu, kamu dituntut untuk mandiri secara finansial. Nah, supaya siap dengan rencana keuangan yang sudah disusun bersama pasangan, kamu sudah harus memiliki penghasilan mapan atau pekerjaan yang stabil. Jangan lupa, disiplin juga pada rencana jangka panjang agar keuangan meningkat.

Diari keuangan

Mungkin gaya hiduplah yang membuat kamu nggak memiliki tabungan. Coba cek struk pembelian kopi di kafe favorit, juga hitung kembali pengeluaran makan dan belanja tiap bulan. Supaya nggak ada pengeluaran yang terlewat, catat dengan rapi di buku khusus. Ini membantumu mengevaluasi pos pemasukan dan pengeluaran sehingga kamu bisa berpikir dua kali ketika ingin berbelanja di luar kebutuhan pokok.

Dana darurat

Ini juga menjadi pencapaian yang penting ketika kamu memasuki umur 30 tahun. Ya, menyiapkan dana darurat akan membantumu tetap tenang saat ada pengeluaran nggak terduga. Jangan lupa juga untuk mengambil asuransi yang akan melindungi dirimu dari segala risiko finansial. Ingat, pilih jenis asuransi yang sesuai kebutuhanmu.

Dana pensiun

Memasuki umur 30, kamu juga harus memikirkan masa pensiun. Kamu bisa mulai mempersiapkannya dengan menyisihkan sepertiga gaji bulanan. Jumlah tabungan untuk dana pensiun ini harus terus meningkat supaya nggak kalah dengan inflasi. Itulah mengapa instrumen investasi penting untukmu, mulai dari saham, obligasi, emas, hingga reksa dana.

Nah, apa ada yang sudah kamu lakukan atau miliki dari deretan persiapan sambut masa depan aman? Share!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life