DCSIMG

How To Be Wealthy

Gagal Mengelola Keuangan Akibat 4 Hal

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_180821087

Sering gagal mengatur keuangan pribadi? Jangan menyerah, kamu hanya perlu mengubah satu dari beberapa hal di bawah ini.

Pertama, memilih tabungan

Sejak kecil, kita diajarkan untuk rajin menabung. Ya, menabung memang langkah baik untuk mengelola keuangan, tapi saat ini ada cara lain yang bisa dipilih untuk menjamin masa depan. Karena itu, kamu harus cerdas dan bijak memilih produk yang bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan dengan dana terjangkau, salah satunya investasi. Keuntungan investasi, hasil yang kamu peroleh sangat mungkin jauh lebih tinggi ketimbang menabung dengan cara konvensional.

Kedua, menikah

Mencari pasangan hidup jadi salah satu cara banyak orang untuk membuat nasib lebih baik dari sisi finansial. Ups, belum tentu berhasil. Itu mengapa lebih baik sebelum berumah tangga, kamu harus memastikan kondisi finansialmu dan calon pasangan sehat sehingga ke depan sama-sama membangun mimpi, bukan sibuk menutup utang sana-sini.

Ketiga, menunggu pensiun

Dana pensiun berguna untuk hari tuamu, itulah mengapa kamu wajib mengumpulkannya sejak umur 20 tahun agar nggak terasa berat. Lama sekali? Kesabaran memang dibutuhkan untuk memetik sesuatu yang manis. Ini soal pilihan, tinggal tentukan mau mengumpulkan uang sedikit demi sedikit atau hanya diam hingga saat pensiun tiba dan kamu nggak punya apa-apa untuk membiayai hidup.

Keempat, tergantung orangtua

Sebaiknya jangan pernah berharap pada warisan atau kekayaan orangtua. Bukankah dengan punya uang sendiri membuatmu lebih bertanggung jawab, berani mengambil risiko, dan bepikir takstis? Ingat, kamu bukan lagi anak kecil yang tinggal menadahkan tangan untuk meminta sesuatu. Kamu harus mulai mengatur keuangan secara mandiri.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life