DCSIMG

How To Be Healthy

Fakta! Sikat Gigi dan Bra Bisa Kadaluwarsa

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_78149230

Selain makanan, beberapa barang yang kamu pakai sehari-hari juga bisa kadaluwarsa. Nah, ini saatnya kamu memilah mana barang yang fungsinya sudah menurun dan mengganti secara berkala agar nggak mengganggu kesehatan.

Sikat Gigi

University of Gottingen di Jerman pernah melakukan penelitian terhadap 2 kelompok. Kelompok pertama diberi sikat gigi baru dan meminta kelompok tersebut menggunakannya selama 6 bulan, sedangkan kelompok kedua diberi sikat gigi baru tiap bulan. Setelah 6 bulan, mereka mencatat bahwa pembengkakan gusi terjadi pada kelompok pertama. Sementara itu, kesehatan mulut kelompok kedua lebih terkontrol, bahkan nggak terdapat akumulasi plak pada gigi mereka.

Penelitian University of Gottingen ini membuktikan bahwa kebiasaan masyarakat Jerman mengganti sikat gigi 6 bulan sekali kurang baik. Faktanya, kebiasaan itu akan menimbulkan gingivitis dan komplikasi kesehatan. American Dental Association (ADA) bahkan menyarankan tiap orang mengganti sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali (atau 4 kali dalam setahun).

Sisir                 

Sisir ternyata tempat bakteri berkumpul. Nggak percaya? Penelitian yang dilakukan oleh Food and Drink Federation di Inggris membuktikan bahwa pada tiap 1 mm folikel rambut terdapat 50.000 bakteri. Karena itulah, sebaiknya kamu mulai mengganti dalam jangka waktu tertentu, atau ketika fisik sisir terlihat kurang baik.

Bra

Fungsi bra yang cukup penting bagi perempuan membuatnya kerap dipakai, dan lama-kelamaan kualitasnya menurun. Karena itu, agar tetap maksimal kamu perlu mengganti bra tiap 3 bulan. Nah, khusus untuk sport bra, setelah dicuci 30-40 kali, kamu mesti langsung menggantinya.

Handuk

Coba cek berapa lama kamu menggunakan satu handuk? Seminggu, dua minggu, atau bahkan sebulan? Ternyata handuk perlu diganti tiap minggu. Alasannya jelas, handuk yang terlalu lama nggak dicuci bisa menimbulkan infeksi kulit. Mencucinya pun sebaiknya menggunakan air panas dengan temperatur minimal 60° Celsius agar semua kuman mati.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life