DCSIMG

How To Be Wealthy

5 Cara Seru Agar Kamu Punya Tabungan, Praktikkan!

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_228237079

Berbagai alasan sering kamu gunakan untuk menunda menabung. Padahal, kebiasaan menabung nggak selalu berhubungan dengan seberapa besar penghasilan atau seberapa banyak uang yang ada di dompet. Buktinya, orang dengan penghasilan pas-pasan tetap bisa menabung. Lalu, apa yang keliru?

Minta uang kembalian

Mulailah untuk nggak menyepelekan uang kembalian. Meski jumlahnya kecil, kalau kamu rajin menyimpannya, hasilnya bukan nggak mungkin di luar dugaan. Kamu bisa menggunakan toples atau kaleng bekas untuk menyimpan uang kembalianmu, dan setelah terkumpul banyak barulah disetorkan ke bank atau digunakan sebagai modal investasi Reksa Dana. Nggak sulit, kan, memiliki simpanan?

Hemat biaya telekomunikasi

Berapa provider ponsel yang kamu gunakan saat ini untuk berkomunikasi dan internet-an? Saat ini, seseorang minimal menggunakan dua provider, padahal kalau bisa lebih bijak dengan membatasi diri menggunakan satu provider dan satu ponsel, kamu sudah melakukan penghematan besar, lho!

Penghematan juga bisa kamu lakukan dengan beralih dari paket prabayar menjadi pascabayar yang kini banyak memberi tawaran menggiurkan, seperti gratis telepon dan SMS sampai gratis penggunaan paket internet tertentu. Bujet telekomunikasimu bisa dialokasi ke simpanan, bukan?

Bawa bekal dari rumah

Sadar atau nggak, pengeluaran terbesar sebagian besar orang adalah urusan mulut dan perut. Ya, soal makan dan minum. Untuk menyiasatinya, coba bawa sendiri bekal dari rumah. Setidaknya kamu nggak perlu membelinya tiap hari, kan. Selain hemat, kamu juga akan lebih sehat. Otomatis, uang jajan dan uang berobat bisa dialihkan lagi untuk masa depan.

Beli sepatu jogging

Lho, kok beli sepatu jogging? Iya, karena sakit membutuhkan biaya cukup besar. Jadi, untuk menjaga kesehatan mulailah melakukan olahraga, salah satunya jogging. Kamu nggak perlu membayar mahal untuk jadi member fitness center, cukup bermodalkan sepatu. Hemat seterusnya!

Maksimalkan rekening tabungan

Berapa rekening tabungan yang kamu miliki? Kalau hanya satu, mulailah untuk membuka dua hingga tiga rekening tabungan. Masing-masing rekening tabungan digunakan untuk keperluan berbeda, misalnya untuk membayar cicilan, menaruh simpanan, dan keperluan harian. Kuncinya, disiplin menggunakan rekening sesuai fungsi.

emapada

yang no 5 patut di coba

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life