DCSIMG

How To Be Happy

Penting, Blak-Blakan Soal Keuangan Sebelum Menikah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_102134809

Sudah mantap dengan pasanganmu sekarang dan sedang merencanakan pernikahan? Menurut financial planner Mike Rini Sutikno, berarti ini saat tepat untuk terbuka soal keuangan. Mengapa hal ini harus dibicarakan sejak dini, bahkan sebelum terikat dalam pernikahan?

Selain mental untuk menikah, kamu juga perlu menyiapkan mental untuk jujur soal pendapatan dan pengaturan keuangan untuk menghindari permasalahan dalam rumah tangga kelak. Kejujuranmu dan pasangan diperlukan dalam membuat alokasi anggaran rumah tangga, termasuk membuat program jangka pendek dan panjang. Misalnya, rencana untuk memiliki momongan, mendukung pendidikan suami atau istri, hingga membantu keluarga yang membutuhkan.

Kepercayaan yang dibangun sebelum menikah perihal keuangan juga akan membuat pasangan saling mendukung, bukan melangkahi. Komunikasi ini penting, mengingat topik soal keuangan begitu sensitif.

Jika sejak awal hubunganmu dan pasangan didasari oleh kejujuran, berapa pun besar pendapatan dan simpanan masing-masing, nggak akan menimbulkan persaingan, apalagi perasaan rendah diri. Toh, kejujuran soal finansial bukan untuk saling menyombongkan diri, kan? Keterbukaan soal keadaan keuangan masing-masing saat ini merupakan alasan utama kamu dan pasangan untuk kompak—bekerja sama sebagai tim—demi mewujudkan keluarga harmonis dan berkecukupan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life