DCSIMG

How To Be Wealthy

Untuk Para Lajang: Tips Jaminan Finansial di Masa Depan

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_217479208

Setiap bulan gaji habis begitu saja padahal kamu lajang yang belum memiliki tanggungan apa pun? Pasti ada yang keliru dengan pengaturan keuanganmu. Segera selamatkan dirimu supaya kondisi finansial terjamin di masa depan.

Rutin catat pemasukan dan pengeluaran

Begitu hari gajian datang, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mencatat pemasukan dan rencana pengeluaran, misalnya dengan perhitungan:

  • 50% untuk kebutuhan rutin harian (konsumsi dan transportasi)
  • 15% untuk hiburan
  • 15% untuk pengelolaan utang
  • 10% untuk dana darurat
  • 10% untuk tabungan dan asuransi

Dengan cara ini, kamu bisa menjadi financial planner untuk diri sendiri dan otomatis menghindarkanmu dari perilaku konsumtif.

Jangan lupa sisihkan sebagian

Memiliki dana cadangan untuk kondisi darurat dan investasi untuk masa depan tentu membuat hidupmu lebih tenang. Jadi, jangan sekadar membuat catatan, tapi mewujudkan apa yang ada dalam catatan. Walaupun awalnya terasa berat, buah ketekutanmu menyisihkan dana untuk diri sendiri minimal 10% per bulan akan memberikan jaminan hidup nyaman.

Gali potensi diri

Jangan terus berharap pada gaji yang tiap bulan kamu terima. Kamu harus mulai memikirkan sumber keuangan selain gaji, komisi, dan bonus tahunan, untuk meningkatkan kesejahteraan. Galilah potensi diri dan manfaatkan keahlian yang kamu miliki. Misalnya, kalau kamu suka menulis, memasak, atau membuat kerajinan, belajarlah menjalankan bisnis sederhana sesuai passion. Manfaat lain mengembangkan potensi, kamu jadi lebih produktif dan kreatif.

Lindungi sumber keuangan

Sumber keuanganmu, nggak lain adalah diri sendiri. Karena itulah, penting melindungi aset berharga ini dengan menerapkan gaya hidup sehat. Sebaiknya, kamu juga mengasuransikan dirimu. Asuransi jiwa, misalnya, bisa memproteksi bilamana kejadian yang nggak terduga menimpa dan membuat dirimu nggak mampu lagi bekerja.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life