DCSIMG

How To Be Happy

4 Tips untuk Ayah Rumah Tangga

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_195848807

Bukan lagi hal aneh kalau ayah memilih peran sebagai ayah rumah tangga. Beberapa pria bertukar peran dengan istri lantaran beberapa alasan. Lantas apa saja yang bisa ayah lakukan?

Mengurus anak

Pekerjaan yang bisa dilakukan ayah di rumah adalah membantu mengurus anak. Tenang, ini terlihat susah pada awalnya, tapi jangan sungkan meminta istri memandumu, ya. Ibu bisa membantu ayah dengan membuat jadwal kegiatan anak sehingga ayah lebih mudah memantaunya. Dengan begitu, saat si kecil beristirahat, misalnya, ayah bisa memanfaatkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah lain, bahkan melakukan hobi. Bukan cuma ibu kan yang bisa multitasking?

Antar-jemput

Kalau ayah di rumah, kenapa nggak mengambil alih tugas antar-jemput anak ketimbang menyewa jasa? Kalau ayah sendiri yang mengantar dan menjemput si kecil, bukan hanya membuat si kecil yang senang, tapi ibu juga senang karena pengeluaran rumah tangga berkurang. Apalagi, Erik H. Erikson—seorang Psikolog Perkembangan Anak—mengungkapkan kalau kasih sayang seorang ayah akan membantu membentuk karakter si kecil.

Memasak

Membantu istri menyiapkan sarapan dan memasak makanan untuk seluruh anggota keluarga? Kenapa, nggak? Pria yang jago masak pasti akan makin dikagumi istri, apalagi kalau bisa menghidangkan makanan bergizi untuk anak-anak. Ini juga ampuh menghemat pengeluaran lho, karena kebiasaan membeli makanan di luar jadi berkurang.

Mencuci mobil

Kalau dulu, saat bekerja, ayah sering nggak punya waktu untuk mencuci mobil sendiri, sekarang lebih banyak waktu untuk mengurusi mobil. Hemat iya, tubuh sehat karena aktivitas fisik meningkat juga iya. Menyenangkan, bukan? Ajak juga si kecil ya, sambil mengenalkannya pada tanggung jawab dan mempererat hubungan lewat kegiatan positif.

Tuh, banyak kan manfaatnya kalau ayah jadi ayah rumah tangga? Selamat mempraktikkan!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life