DCSIMG

How To Be Wealthy

Dapur Bisa Jadi Sumber Pendapatan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_172946159

Bagi ibu rumah tangga yang mengandalkan pendapatan suami sebagai satu-satunya pemasukan, kamu perlu menyiasati anggaran agar tetap bisa menabung tiap bulan. Mungkinkah?

Sudah akrab dong dengan kata financial plan? Untuk urusan dapur, ada juga yang disebut dengan kitchen plan, atau perencanaan keuangan khusus untuk urusan dapur alias uang belanja.

Tentukan menu sepekan

Akan lebih mudah menyusun anggaran dapur kalau kamu sudah membuat menu dalam sepekan. Jadi, mari mulai dengan menulis daftar menu masakan dan bahan apa saja yang dibutuhkan. Setelahnya, pastikan kamu displin mengikuti menu tersebut untuk mencegah kebocoran pengeluaran.

Belanja sekali seminggu

Hindari terlalu sering berbelanja ke minimarket untuk menahan godaan barang-barang yang kurang dibutuhkan. Jangan lupa selalu membawa daftar belanja mingguanmu, dan pastikan kamu pergi ke pasar tradisional untuk mendapatkan harga yang lebih miring dibandingkan dengan pasar swalayan.

Porsi pas

Percaya atau tidak, seringkali tanpa kamu sadari banyak bahan makanan yang terbuang karena meleset dari perhitungan porsi. Belanjalah sesuai kebutuhan dan jumlah anggota keluarga. Kemudian, simpan dan olah kembali bahan yang belum terpakai maupun sisa makanan.

Simpan bahan baku dengan baik

Menyimpan bahan baku dengan baik juga bisa menghemat pengeluaran di dapur. Nggak percaya? Misalnya, untuk menyimpan bawang kamu bisa mengupasnya lebih dulu kemudian diiris. Tambahkan sedikit garam agar bawang tidak berubah warna dan beri minyak sayur untuk mengawetkan saat disimpan dalam kulkas. Gampang, kan?

Dengan begini, uang belanjamu tiap pekan nggak akan habis. Selalu ada sisa uang yang bisa ditabung kalau kamu melakukan perencanaan dengan tepat soal urusan dapur.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life