DCSIMG

How To Be Wealthy

Tips Mengelola Keuangan untuk Pasangan Baru

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_123871024

Sebagai pasangan yang baru menikah, tentu ada banyak hal yang membutuhkan penyesuaian, salah satunya keuangan. Bicarakan dari awal tentang bagaimana kamu dan pasangan mengatur keuangan, karena topik ini kerap menjadi pemicu pertengkaran rumah tangga.

Terbuka Soal Utang

Kalau sebelum menikah belum saling terbuka soal utang, maka jangan menunda membicarakan hal sensitif ini berdua. Beranikan diri menyampaikan kepada pasangan jumlah utang yang kamu tanggung. Mulailah untuk jujur, inisiatifmu ini akan membuat pasangan tergerak melakukan hal yang sama.

Rencanakan Berdua

Jika kamu dan pasangan saling terbuka soal kondisi keuangan, akan lebih mudah merencanakan pos pemasukan dan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Duduklah bersama dan diskusikan siapa yang menjadi sumber penghasilan, berapa besar pemasukan, dan jumlah pengeluaran dalam satu bulan. Bicarakan juga tentang dana masa depan, misalnya untuk melahirkan, dana sekolah, dan dana liburan.

Siapkan Dana Darurat

Jangan lupa ya untuk menyisipkan dana darurat dalam perencanaan keuangan keluarga. Dana ini idealnya bisa dimanfaatkan kapan saja sebagai bentuk antisipasi terhadap kejadian nggak terduga. Kejadian seperti apa? Misalnya, dana rumah sakit, pernikahan kerabat, kecelakaan, hingga kematian.

Segera Beli Asuransi

Memiliki beberapa macam asuransi, sepeti asuransi kesehatan, jiwa, dan aset, sangat penting. Nggak ada salahnya memproteksi apa yang kamu dan pasangan miliki, sehingga mulailah mencari informasi dan mencermati tiap produk proteksi dan belilah sesuai dengan anggaran.

Beranikan Diri untuk Investasi

Kamu mulai tertarik untuk berinvestasi, mulai dari emas, properti, saham, hingga Reksa Dana? Langkah tepat! Nggak perlu menunggu pendapatan besar, karena hanya dengan Rp100.000,- kamu dan pasangan sudah bisa berinvestasi. Bahkan, saat ini kamu bisa membeli produk asuransi sekaligus investasi. Jadi, untuk apa menunda?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life