DCSIMG

How To Be Wealthy

Kiat Cermat Berbelanja Hadiah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

ThinkstockPhotos-166843024

Perayaan hari ulang tahun dan perayaan keagamaan sangat identik dengan acara pemberian hadiah. Menurut sebuah survey yang dilakukan di 12 wilayah Asia Pasifik, orang Indonesia termasuk suka memberikan hadiah yang istimewa pada perayaan yang mereka anggap penting. Apakah Bright Friends termasuk orang yang suka menyisihkan sejumlah uang untuk hadiah pada saat-saat istimewa? Kalau ya, beberapa trik berikut ini bisa Bright Friends perhatikan sebelum berbelanja hadiah, sehingga Anda bisa memberikan hadiah yang tepat tanpa mengganggu keadaan keuangan Anda.

BACA JUGA: Kado Terbaik untuk Ibu

Langkah pertama adalah menentukan hadiah yang akan Anda berikan. Untuk hari istimewa seperti ulang tahun kerabat atau keluarga Anda, ulang tahun pernikahan, ataupun perayaan keagamaan seperti lebaran, imlek atau natal yang berlangsung pada saat yang sama setiap tahun. Sebaiknya rencanakan hadiah yang ingin Anda berikan sejak jauh hari, sehingga Anda bisa menyisihkan uang sedikit demi sedikit tanpa mengganggu rencana keuangan bulanan keluarga Anda. Keuntungan lain dari merencanakan hadiah seperti ini adalah Anda tak perlu berbelanja secara terburu-buru dan tanpa perhitungan. Selain itu, kalau tiba-tiba ada diskon atau promo pada barang yang Anda siapkan untuk hadiah, Anda bisa segera membeli barang tersebut dengan lebih murah, sehingga Anda sedikit menghemat biaya hadiah.

Lalu bagaimana dengan perayaan yang sifatnya dadakan dan tak bisa direncanakan dari jauh hari seperti undangan pernikahan atau perpisahan kawan dekat yang akan pergi jauh? Hadiah untuk perayaan seperti ini bisa dikategorikan dalam hal ‘tak terduga’. Karena itu, Anda bisa menggunakan anggaran untuk pengeluaran tak terduga yang Anda miliki. Tapi kalau Anda ragu untuk ‘membongkar celengan’ demi berbelanja hadiah, Anda juga bisa memotong biaya hadiah tersebut dari anggaran bulanan Anda yang tidak terlalu penting, misalnya dari anggaran makan di restoran atau anggaran rekreasi. Dengan cara ini, belanja hadiah tidak akan mengganggu anggaran bulanan maupun tabungan Anda.

Memberikan hadiah istimewa untuk orang yang Anda sayangi memang menyenangkan, apalagi kalau hadiah tersebut memang unik dan berkesan. Tapi tentu saja, Anda harus tetap berbelanja hadiah dengan bijak dan sesuai budget. Ingat juga, hadiah yang berkesan tidak harus mahal. Anda juga bisa memberikan hadiah yang Anda buat sendiri, misalnya sweater atau syal rajutan tangan, kue kering lezat, cake, dll. Kalau Anda benar-benar mengenal kepribadian orang yang akan Anda beri hadiah, Anda tentu tak akan kesulitan menentukan hadiah yang berkesan untuknya.

Bright friend tidak usah bingung lagi untuk mencari harga yang murah untuk membeli kado, simak cara berikut:

Belanja Hemat dengan Berburu Voucher Diskon

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life