DCSIMG

How To Be Happy

Hewan pun Punya Hak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Tahukah Anda bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai hari Hak Asasi Hewan? Ternyata memang bukan hanya hak asasi manusia saja yang harus dilindungi, tapi juga hak asasi hewan.

Hak Asasi Hewan adalah anggapan bahwa setiap hewan memiliki hak untuk hidup dan memiliki kepentingannya sendiri, termasuk hak untuk tidak hidup dengan menderita, tidak jauh berbeda dengan hak dan kepentingan yang dimiliki manusia. Berdasarkan definisi ini, maka jelaslah alasan adanya pelarangan terhadap perburuan dan pembantaian terhadap hewan dan perusakan habitat hidup hewan. Hewan, seperti manusia, juga punya hak untuk hidup bebas di alamnya dengan tenang.

hewans

Manfaat dari perlindungan terhadap hak asasi hewan tentu tak hanya akan dirasakan oleh hewan saja, tapi juga oleh manusia. Perlindungan terhadap hak asasi hewan bisa berarti menjaga kelangsungan hidup hewan dan mencegah kepunahan sejumlah spesies hewan. Beberapa spesies hewan di Indonesia telah punah sebagai akibat dari perburuan liar maupun perusakan habitatnya, misalnya Harimau Bali yang punah sejak 1937. Perlindungan terhadap hewan akan mencegah masalah ini terjadi kembali.

Lalu bagaimana cara Anda menunjukkan dukungan Anda terhadap hak asasi hewan? Mulai saja dari hal terkecil, misalnya kalau Anda memiliki binatang peliharaan di rumah, maka Anda harus mengurusnya dengan baik, memberikan tempat berlindung, makanan yang cukup, serta menjaga kesehatannya. Mengadopsi hewan peliharaan juga lebih disarankan daripada membeli hewan peliharaan dari pet shop. Langkah pertama dimulai dari sekitar Anda, kan?

Beberapa bentuk lain dari pelanggaran terhadap hak asasi hewan adalah pembuatan kosmetik serta produk kecantikan lain yang melakukan uji coba produknya pada binatang. Memilih produk yang tidak melakukan uji coba pada binatang bisa Anda lakukan. Sedangkan untuk uji coba produk obat-obatan pada binatang, masih banyak pendapat yang bertentangan mengenai hal ini.

Bentuk dukungan lain yang bisa Anda tunjukkan adalah dengan mengawasi pemerintah dalam pelaksanaan peraturan mengenai perlindungan terhadap lingkungan, sehingga tak akan ada lagi kepunahan hewan sebagai akibat dari rusaknya habitatnya. Awasi juga pelaksanaan peraturan pemerintah mengenai larangan jual beli hewan liar.

Di masa ketika hak asasi manusia masih diperjuangkan di beberapa tempat di dunia, perlukah kita memperhatikan dan memperjuangkan hak asasi binatang? Tentu saja. Binatang juga merupakan ciptaan Tuhan yang harus dilindungi. Agama pun mengajarkan umatnya untuk menyayangi dan melindungi binatang. Langkah sekecil apapun yang Anda lakukan untuk melindungi hak para binatang juga berarti.

Artikel berikut juga cocok untuk Anda yang punya hewan peliharaan di rumah :

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life