DCSIMG

How To Be Healthy

Jadi Vegetarian Bukan Sekedar Tidak Makan Daging

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

481274985Inti dari gaya hidup vegetarian bukan sekedar tidak makan daging, lho. Kalau definisi vegetarian berhenti di ‘tidak makan daging’, berarti Anda boleh hanya makan kentang goreng, donat bertabur gula, ataupun minuman bersoda sepanjang hari, kan? Tapi pola makan seperti itu tentunya tidak sehat.

Popularitas gaya hidup vegetarian memang makin populer belakangan ini. Apalagi dengan makin banyaknya tokoh masyarakat dan selebritis yang menjalani gaya hidup ini, makin banyak pula masyarakat umum yang mengenal gaya hidup vegetarian. Kalau Anda termasuk mereka yang sedang mempertimbangkan untuk menjadi seorang vegetarian, ayo lengkapi dulu pengetahuan Anda tentang pola makan ini.

BACA JUGA : 5 Manfaat Buah dan Sayur Bagi Anak

Selain tidak makan daging, pola makan vegetarian berarti menggantikan makanan kaya lemak dan kalori seperti daging dengan makanan yang lebih sehat seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dll. Anda juga bisa memilih tipe vegetarian yang ingin Anda jalani, misalnya pola makan tanpa telur, produk susu, ataupun produk hewani lainnya (vegan), pola makan tanpa telur, ataupun produk hewani lain tapi masih mengkonsumsi produk susu (lacto vegetarian), pola makan tanpa daging dan produk hewani lain tapi masih mengkonsumsi produk susu dan telur (lacto ovo vegetarian), dll.

Pola makan vegetarian jelas lebih sehat karena mengandalkan bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan, serta bahan makanan segar bernutrisi lainnya. Akibatnya, pola makan vegetarian membantu Anda menjaga berat badan sehat serta mengurangi resiko berbagai penyakit kronis, di antaranya:

1. Penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa resiko kematian karena penyakit jantung berkurang sebanyak 19%
pada para vegetarian.

2. Kanker
Tidak mengkonsumsi daging merah akan mengurangi resiko kanker usus. Selain itu, para vegetarian biasanya memiliki kadar karsinogenik dalam usus yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak menjalani pola makan vegetarian.

3. Diabetes tipe 2
Menurut penelitian, resiko masalah diabetes tipe 2 pada para vegetarian menurun hingga hampir separuhnya dibandingkan pada orang yang tidak menjalani pola makan vegetarian.

Walaupun sehat, tapi tentu saja pola makan vegetarian harus dijalani dengan cermat. Karena kalau tidak hati-hati, pola makan vegetarian bisa mengakibatkan kekurangan nutrisi tertentu, misalnya kalsium dari produk susu, protein yang biasa didapat dari daging, telur, dan produk susu, vitamin B12 yang hanya bisa didapat dari produk hewani, zat besi yang biasa didapat dari daging, dll. Tapi sebenarnya nutrisi ini bisa didapat juga dari bahan makanan lain, misalnya kacang-kacangan yang kaya protein, sereal yang diperkaya dengan vitamin B12 dan zat besi, dll.

Dengan perencanaan yang baik, pola makan vegetarian akan membantu Anda hidup lebih sehat dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Jadi, apakah Anda sudah siap jadi seorang vegetarian?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life