DCSIMG

How To Be Healthy

6 Buah Segar Asli Indonesia

Oleh BrighterLife.co.id

466513241Kekayaan alam Indonesia tidak hanya melahirkan berbagai tempat pariwisata yang indah, namun juga berbagai bahan makanan yang segar dan bermanfaat. Indonesia bahkan memiliki jenis buah-buahan khas yang tak hanya nikmat, tapi juga bernutrisi tinggi. Beberapa buah-buahan asli Indonesia yang mungkin sudah Anda kenal adalah:

1. Durian
Rajanya buah alias King of Fruit ini memang berasal dari Indonesia, tepatnya dari Sumatera dan Kalimantan. Selain bentuk, wangi dan rasa yang khas, kandungan nutrisi durian juga disebut-sebut berkelas ‘bintang lima’. Diantara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vit B, vit C, zat besi, omega 3 dan omega 6.

BACA JUGA : 5 Manfaat Buah dan Sayur Bagi Anak


2. Manggis
Buah yang asam manis segar ini awalnya ditemukan di Kalimantan dan Sunda. Kandungan antioksidan dalam manggis juga mencegah kerusakan sel dalam tubuh dan menangkap radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Belimbing
Buah yang juga disebut Carambola ini dipercaya pertama kali ditemukan di kepulauan Maluku. Selain itu, belimbing juga ditemukan di daerah India dan Srilanka. Belimbing manis yang berbentuk seperti bintang saat dibelah mempunyai khasiat sebagai obat batuk dan obat tekanan darah tinggi.

4. Pisang
Buah yang populer di seluruh dunia ini juga ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tapi sayang, produsen terbesar pisang di dunia bukan Indonesia, melainkan Amerika Latin yang menguasai hingga 65% produksi pisang di dunia. Dari segi nutrisi, pisang penuh manfaat karena mengandung nutrisi seperti : kalium, magnesium, kalsium, vitamin C, vitamin B6, dll. Karena itu, buah pisang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Rambutan
Meskipun populer, rambutan hanya bisa dibudidayakan di negara dengan iklim tertentu. Karena itulah demi memenuhi kebutuhan pasar, buah ini diproduksi dalam kemasan kaleng dan banyak dijual di pasaran. Kandungan zat besi, vitamin C, dan kalium dalam rambutan menjadikan buah ini nikmat sekaligus sehat.

6. Jambu
Baik jambu air maupun jambu biji merupakan buah-buahan asli Indonesia. Karena cita rasanya, jambu air bahkan disebut sebagai Java Apple alias apel-nya Jawa. Di Indonesia, buah ini dikonsumsi sebagai campuran rujak atau jus. Jambu air sendiri kaya akan antioksidan, sedangkan nutrisi jambu biji termasuk vitamin A dan C, serat, Omega 3 dan 6, dll.

Iklim yang tepat serta alam yang subur sebenarnya sangat tepat bagi Indonesia menjadi negara yang mandiri memproduksi bahan makanan dan buah-buahannya sendiri tanpa harus impor dari negara lain. Dengan dukungan pemerintah dan masyarakat, industri pertanian Indonesia sebenarnya punya potensi besar untuk sukses. Bagaimana cara kita mendukung buah-buahan asli Indonesia ini? Langkah awal yang paling sederhana adalah dengan mulai menghargai dan mau membeli buah-buahan lokal Indonesia.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life