DCSIMG

How To Be Healthy

Bermain Sambil Olahraga dengan Exergaming

Oleh BrighterLife.co.id

Olahraga memang terasa lebih menyenangkan bila dilakukan dalam bentuk permainan dan dilakukan bersama orang lain. Dengan cara ini, olahraga tidak terasa seperti beban. Saat terlalu malas untuk keluar rumah dan berolahraga, mungkin exergaming alias main video games sambil berolahraga bisa jadi pilihan Anda.

Saat ini, pilihan video games mexergamingemang tidak cuma permainan yang dimainkan sambil duduk sepanjang hari. PlayStationMove, Wii Fit, atau Kinect Xbox 360 adalah beberapa konsol permainan yang bisa mendorong Anda untuk bangkit dari tempat duduk dan bergerak aktif sambil bermain video game seperti bersepeda, tinju, bela diri kungfu, dansa, dll. Tapi apakah exergaming benar-benar efektif membakar kalori dan memberikan manfaat seperti olahraga biasa?

BACA JUGA : Ingin Kurus? Bisa Contoh 3 Metode Diet Ini

Ternyata para peneliti memberikan jawaban positif terhadap pertanyaan tersebut. Beberapa games bahkan dihitung membakar kalori lebih banyak dibandingkan berjalan. Saat berjalan dengan kecepatan 5 km/jam, Anda membakar sekitar 120 kalori tiap 30 menit. Sedangkan beberapa jenis exergaming seperti dansa dan tenis membakar sekitar 159 kalori tiap 30 menit!

Bukan cuma orang dewasa saja yang bisa memanfaatkan exergaming ini untuk tetap sehat. Di Amerika Serikat, exergaming jadi bagian dari program yang dirancang untuk melawan dan mencegah obesitas pada anak-anak dan remaja yang jumlah kasusnya telah meningkat hingga 3 kali lipat sejak 30 tahun terakhir. Pada tahun 2006, 20 sekolah umum di West Virginia, Amerika Serikat, menggunakan game Dance Dance Revolution sebagai bagian dari kurikulum olahraga mereka. Setelah dievaluasi, program ini menunjukkan bahwa beberapa siswa berhasil menurunkan 3-5 kg berkat program ini. Saat ini, Dance Dance Revolution telah jadi bagian dari kurikulum di 765 sekolah umum di West Virginia.

Kini, para peneliti di Australia sedang mengembangkan sistem rating untuk exergames yang menghitung berapa banyak energi yang digunakan, serta berapa banyak anak melompat, berlari, melempar, dan menangkap saat memainkan suatu exergames. Rating ini bahkan akan memberi penilaian apakah exergames tersebut termasuk permainan sosial ataupun anti sosial.

Exergaming adalah salah satu pilihan untuk mendorong anak dan orang dewasa untuk bergerak lebih aktif, hingga setidaknya memenuhi rekomendasi untuk aktif bergerak 60 menit per hari. Tapi, sebaiknya exergames tidak dijadikan sebagai pengganti olahraga biasa, ya. Kalau sudah terbiasa bergerak aktif setiap hari dengan exergames, mulailah berolahraga di luar ruangan, karena manfaat dari exergaming tetap tidak akan semaksimal olahraga biasa di luar ruangan. Meskipun begitu, sebagai langkah awal untuk memulai kebiasaan untuk tetap aktif, exergaming tentu bisa jadi pilihan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life