DCSIMG

How To Be Healthy

10 Alasan Kenapa Anda Harus Membaca Buku (Part 1)

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Kapan terakhir kali Anda membaca shutterstock_91997651buku? Satu minggu, satu bulan, atau bahkan satu tahun yang lalu? Nah, buat Anda yang sudah lama tidak membaca buku, sebaiknya dipikirkan kembali. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa membaca buku memberikan banyak manfaat bagi manusia, beberapa diantaranya berdampak positif bagi kesehatan.

Simak manfaat membaca buku yang berhasil Brighterlife rangkum untuk Anda semua.

 

1. Meningkatkan Kemampuan Otak
Buku fiksi biasanya memiliki alur cerita yang menarik dan tidak membosankan. Cerita fiksi memancing para pembacanya untuk berimajinasi terhadap karakter-karakter yang ada dengan persepsi yang berbeda. Proses inilah yang membuat otak kita bekerja sehingga secara mengagumkan kita bisa mengingat semua plot cerita dari ratusan halaman. Ini merupakan latihan yang baik bagi otak kita. Tentu saja, hasilnya akan maksimal jika dilakukan secara rutin.

2. Menjauhkan dari Penyakit Alzheimer
Para peneliti menemukan adanya pertumbuhan sel-sel otak dari orang-orang yang sering membaca buku. Daya ikat otak juga akan meningkat jika dilatih secara teratur. Tidak hanya membaca buku, kegiatan seperti mengisi teka-teki silang, atau bermain Sudoku juga bisa mencegah kehilangan memori dan menjauhkan dari penyakit Alzheimer.

BACA JUGA : Cara Didik Anak Untuk Membaca

8 Jenis Check Up yang Harus Dilakukan Secara Rutin

3. Memiliki Kemampuan Analisa yang Baik
Saat membaca buku fiksi, pernahkah Anda mendengar diri Anda sendiri berkata, “sepertinya saya tahu akhir dari cerita ini,”. Jika iya, maka itu pertanda bahwa kemampuan analisa Anda sedang bekerja. Jika prediksi Anda seringkali benar, maka otak Anda telah bekerja dengan baik.

4. Meredakan Stres
Tidak peduli betapa beratnya rutinitas, seperti beban pekerjaan atau permasalahan hubungan dengan pasangan, rangkaian kata yang indah bisa memancing otak untuk rileks. Novel atau cerita fiksi yang ditulis dengan indah bisa memancing otak untuk sejenak melupakan beban yang ada sehingga stres Anda pun bisa berkurang.

5. Mendapatkan Hiburan Gratis
Buku yang menarik atau buku yang bagus biasanya dijual dengan harga yang tidak murah. Tapi, Anda bisa mendapatkannya secara murah bahkan gratis jika mau sedikit berusaha. Manfaatkan perpustakaan umum yang memiliki stok buku lengkap. Selain itu, banyak juga sumber online di internet yang menawarkan buku bacaan gratis dalam format digital.

10 Alasan Kenapa Anda Harus Membaca Buku (Part 2)

Buku Ikhwanpada

Membaca bagaikan makan untuk otak, jika tidak pernah di beri asupan makanan orak bisa lumpuh dan mati.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life