DCSIMG

How To Be Wealthy

Tips Menembus Beasiswa Luar Negeri

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

shutterstock_121464292“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”

Pepatah lama ini seakan tidak pernah usang bagi pelajar-pelajar Indonesia yang bercita-cita menuntut Ilmu ke luar negeri. Namun selain kemampuan diri, tantangan lain dalam mencari ilmu sampai ke luar negeri adalah kebutuhan dana yang tidak sedikit.

Salah satu jalur terpopuler adalah melalui program beasiswa. Namun, menembus suatu program beasiswa bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar penyelenggara program memberikan hak beasiswa penuh kepada Anda. Ada 4 tips yang penting untuk diikuti agar proses pendaftaran dan seleksi Anda dapat berjalan lancar.

BACA JUGA : Mempertimbangkan Sekolah Sambil Bekerja

 

Tips pertama
Menyesuaikan program akademi pada jalur beasiswa tempat Anda mendaftar dengan status akademi dan peminatan Anda di Indonesia. Jika Anda memiliki peminatan dan lulusan sebuah sekolah pariwisata, tentulah tidak bijak jika mendaftar ke program beasiswa teknik. Selain peluang Anda akan sangat kecil, jika beruntung diterima, Anda justru akan kesulitan menjalaninya.

Tips kedua
Melengkapi semua dokumen yang diminta oleh penyelenggara beasiswa, mulai dari ijazah pendidikan di Indonesia, sertifikat bahasa asing, esai motivasi, dan surat rekomendasi. Khusus surat rekomendasi, penyelenggara beasiswa biasanya menjadikan ini poin penilaian yang besar. Tanpa rekomendasi yang baik, nilai Anda akan turun jauh. Jalinlah hubungan yang baik dengan dosen dan kolega dari awal masa pendidikan, agar Anda mendapatkan rekomendasi terbaik dari mereka.

Tips ketiga
Pengumpulan berkas yang tepat waktu. Perlu diingat bahwa butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan berkas-berkas yang disertakan saat pengumpulan. Misalnya sertifikat TOEFL yang membutuhkan waktu sampai 1 bulan lebih. Lalu ada surat rekomendasi yang mungkin harus bergantung dari kesediaan waktu dosen atau kolega Anda. Semuanya itu perlu diatur sedemikian rupa agar pengumpulan berkas ke penyelenggara tidak terlambat.

Tips keempat
Berkaitan dengan hal di luar pendidikan. Tidak ada salahnya jika Anda juga mencari-cari info tentang kebudayaan yang akan dituju. Pelajari juga iklim yang sedang berlangsung di sana. Jika tempat tujuan ke Malaysia atau Singapura, ini tidak jadi masalah. Tetapi akan berbeda jika negara yang dituju memiliki 4 musim. Banyak peralatan tambahan yang harus disiapkan untuk kondisi tersebut.

Selamat mempersiapkan masa depan Anda!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life