DCSIMG

How To Be Healthy

5 Manfaat Buah dan Sayur bagi Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Buah dan sayuran adalah bagian penting dalam pola makan sehat yang ideal. Maklum saja, kandungan nutrisi di dalamnya adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Bagi anak-anak, nutrisi dari buah dan sayuran bahkan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Manfaat buah dan sayuran bagi anak-anak di antaranya adalah:

  1. Nutrisi dari buah dan sayuran tak hanya penting bagi tumbuh kembang anak, tapi juga pada kekebalan tubuh anak. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, Alzheimer, dll. WHO bahkan memperkirakan bahwa 2,7 juta nyawa tiap tahun bisa diselamatkan dengan konsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin.5 Manfaat Buah dan Sayur bagi Anak
  2. Konsumsi buah dan sayuran mengurangi resiko obesitas pada anak. Tidak heran, karena kandungan nutrisi tinggi buah dan sayuran dilengkapi dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah. Survey yang dilakukan U.S Department of Health and Human Services menyatakan bahwa konsumsi buah yang tinggi berhubungan dengan berat badan yang sehat. BACA JUGA: Trik Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur
  3. Kandungan serat tinggi pada buah dan sayuran membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Resiko konstipasi pun berkurang dengan signifikan dengan konsumsi buah dan sayuran secara rutin.
  4. Menurut penelitian yang diterbitkan pada Journal of School Health edisi April 2008, anak dengan pola makan sehat dan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran lebih sukses secara akademis dibandingkan anak yang jarang mengkonsumsi buah dan sayuran.
  5. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran akan membuat anak mengurangi konsumsi makanan dan cemilan kemasan yang tidak sehat. Ketika perut anak sudah penuh dan kenyang dengan buah dan sayuran segar, tentu dia tidak akan merasa lapar dan mencari cemilan tambahan yang kurang sehat.

Tiap buah dan sayuran dengan warna yang berbeda bahkan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Itu sebabnya konsumsi buah dan sayuran yang bervariasi sangat disarankan. Saat ini memang sudah banyak tersedia berbagai vitamin yang bisa dikonsumsi oleh anak Anda. Tapi kandungan nutrisi dari vitamin tidak akan terserap sebaik kandungan nutrisi alami dari buah dan sayuran segar. Jadi, berhenti mengandalkan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak Anda dan mulai sajikan buah serta sayuran secara rutin pada pola makan anak Anda.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life