DCSIMG

How To Be Healthy

7 Langkah Menuju Jantung Sehat

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Penyakit jantung adalah salah satu dari 5 penyakit yang beresiko kematian, selain stroke, kanker, paru-paru, dan hati. Untuk mencegahnya, tentu saja kita harus menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Menurut American Heart Association, ada 7 langkah mudah untuk menjaga kesehatan jantung Anda, yaitu:

  1. Jaga Berat Badan Sehat
    Tentukan berat badan sehat Anda dengan konsultasi pada dokter atau menggunakan kalkulator Body Mass Index (BMI) yang bisa Anda temukan di internet. Tapi ingat, berat badan sehat tersebut tak bisa dicapai dalam waktu singkat. Diet asal-asalan demi menurunkan berat badan dengan cepat justru membuat tubuh tidak sehat.

7 Langkah Menuju Jantung Sehat

  1. Pola Makan Sehat
    Inti pola makan sehat adalah mendapatkan asupan nutrisi seimbang yang diperlukan tubuh. Pilihlah makanan bebas lemak jenuh, lemak trans, rendah kolesterol, rendah sodium, serta gula tambahan. Misalnya, gantikan penggunaan mentega dengan olive oil, roti tawar biasa dengan roti gandum, dll. Maka Anda pun mengambil langkah pertama untuk menjalani pola makan sehat.

 

  1. Hidup Aktif
    Orang dewasa disarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit/minggu atau sekitar 30 menit/hari. Jumlah itu bisa Anda bagi menjadi 10 menit olahraga 3 kali/hari atau 15 menit olahraga 2 kali/hari. Pilihlah olahraga yang Anda sukai dan bisa Anda lakukan dengan mudah.
  1. Menjaga Tekanan Darah
    Tekanan darah normal adalah 120/80, sedangkan tekanan darah tinggi bila lebih dari 140/90. Tekanan darah tinggi disebabkan oleh banyak hal, termasuk berat badan, pola makan, stres, kurang olahraga, rokok, alkohol, faktor genetis, serta usia.

BACA JUGA: Apakah Asuransi Kesehatan Anda Sudah Memadai?

  1. Turunkan Kadar Gula Dalam Darah
    Kadar glukosa tinggi dalam darah bisa menyebabkan diabetes, sedangkan penyakit jantung dan stroke adalah penyebab kematian utama pada penderita diabetes tipe 2. Karena itu, menjaga dan mengawasi kadar gula dalam darah sangat penting. Hal ini bisa dilakukan dengan pola makan sehat dan olahraga rutin.
  1. Berhenti Merokok
    Tak pernah terlambat untuk berhenti merokok, karena orang yang telah merokok selama bertahun-tahun pun bisa memperbaiki kesehatannya bila berhenti merokok. Anda pun harus menghindari asap rokok, karena perokok pasif menghadapi bahaya yang sama dengan perokok aktif. Tak hanya rokok yang perlu Anda hindari, tapi juga cerutu, merokok dengan pipa, serta tembakau kunyah.
  1. Jaga Kolesterol
    Tak semua kolesterol itu buruk. HDL (High-Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik yang diperlukan tubuh, sedangkan LDL (Low-Density Lipoprotein) adalah kolesterol yang harus dihindari. Semakin tinggi proporsi HDL dalam tubuh dibandingkan LDL, semakin baik. Pola makan sehat dan olahraga rutin membantu Anda mengontrol kolesterol dalam tubuh. Selain itu, sejak Anda berusia 20 tahun, cek kolesterol tubuh Anda tiap 5 tahun sekali.

Menjaga jantung sehat jadi terasa lebih mudah kalau telah jadi bagian dari gaya hidup Anda. Sedikit demi sedikit, lakukan perubahan gaya hidup jadi lebih sehat. Toh dengan hidup yang lebih sehat, Anda tak hanya menjaga kesehatan jantung, tapi juga mengurangi resiko penyakit kronis lainnya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life