DCSIMG

How To Be Wealthy

5 Tips Mencari Kerja di Luar Kota

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Merasa bosan dengan keramaian dan kisruhnya kota Jakarta? Mungkin pindah ke kota lain tak hanya memberikan suasana baru untuk Anda, tapi juga peruntungan di tempat kerja baru. Tapi bagaimana caranya mencari kerja di kota baru? Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda:

  1. Manfaatkan Media Sosial
    Media sosial seperti LinkedIn sangat membantu Anda untuk mencari pekerjaan baru. Update dan lengkapi profil LinkedIn Anda, lalu gunakan search engine pada LinkedIn untuk mencari pekerjaan sesuai dengan kota tujuan Anda. Media sosial lain seperti Twitter dan Facebook juga bisa Anda manfaatkan.

Tips Mencari Kerja di Luar Kota

  1. Pelajari Peluang Anda
    Pelajari peluang lowongan kerja sesuai bidang pekerjaan Anda melalui media massa, media sosial, maupun networking Anda. Kalau Anda memiliki kenalan yang bekerja dan tinggal di kota tujuan Anda, Anda juga bisa menanyakan mengenai peluang bekerja Anda kepadanya. Siapa tahu dia memiliki info lowongan pekerjaan yang bisa Anda coba.

 

  1. Buat Rencana Dengan Baik
    Kalau Anda mendapat panggilan interview untuk pekerjaan baru di kota tujuan Anda, Anda harus membuat rencana dengan baik, terutama kalau Anda masih tinggal di kota yang berbeda. Pastikan Anda benar-benar tertarik dengan perusahaan dan pekerjaan tersebut, sehingga Anda tidak membuang waktu, tenaga, dan biaya untuk interview yang sebenarnya tidak Anda inginkan. Kalau memungkinkan, Anda bisa mengusulkan untuk interview melalui Skype sebagai alternatif.

BACA JUGA: Langkah Tepat Mengawali Karir Baru

  1. Sebutkan Mengenai Rencana Kepindahan Anda
    Jujurlah dan jelaskan mengenai kota tempat tinggal Anda saat ini dan rencana kepindahan Anda ke kota yang baru. Perusahaan yang tidak keberatan dengan hal ini bisa membantu Anda, sehingga proses interview dan seleksi kerja bisa berjalan dengan lebih lancar.
  1. Siap Beradaptasi
    Pekerjaan baru saja membutuhkan banyak adaptasi. Apalagi kalau pekerjaan baru Anda berada di kota baru pula. Jadi, siaplah untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang akan terjadi. Saat interview, tunjukkan pula bahwa Anda adalah orang yang fleksibel dan mudah beradaptasi, sehingga perusahaan baru lebih yakin untuk mempekerjakan Anda.

Mengambil langkah untuk mencari pekerjaan baru di kota yang tidak Anda kenal memang tidak mudah dan beresiko tinggi. Tapi petualangan ini akan memberi pelajaran bagi Anda. Siapa tahu, Anda justru akan semakin sukses di pekerjaan dan kota baru ini.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life