DCSIMG

How To Be Wealthy

Cara Elegan Resign dari Pekerjaan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Banyak alasan yang menyebabkan Anda resign dari pekerjaan Anda. Mungkin Anda mendapat peluang kerja yang lebih baik di tempat lain? Atau Anda kurang cocok dengan lingkungan kerja di kantor Anda saat ini? Apapun alasan Anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda, Anda tetap harus meninggalkan kesan positif di kantor lama Anda.

cara elegan resign

Berikut ini beberapa cara mengundurkan diri dengan cara yang profesional yang bisa Anda ketahui :

  1. Bicarakan Langsung Dengan Atasan Anda
    Pastikan bahwa atasan Anda adalah orang pertama yang tahu mengenai rencana pengunduran diri Anda. Jangan sampai beredar gosip kantor tentang pengunduran diri Anda, padahal Anda belum berbicara langsung dengan atasan Anda. Kalau hal ini terjadi, bukan tak mungkin atasan Anda merasa ‘sakit hati’.
  1. Informasikan Pengunduran Diri Anda Dari Jauh Hari
    Pengunduran diri mendadak akan merepotkan banyak orang. Jadi, beri waktu setidaknya 1 bulan antara saat Anda mengajukan surat pengunduran diri hingga hari terakhir Anda bekerja. Waktu tersebut diperlukan untuk transisi pekerjaan antara Anda dengan orang yang akan menggantikan Anda.
  1. Tetap Bekerja Sebaik Mungkin
    Walaupun sudah mengundurkan diri, bukan berarti Anda jadi bekerja asal-asalan. Tetaplah bekerja sebaik mungkin. Kalau perlu, selesaikan semua pekerjaan Anda sebelum hari terakhir Anda, sehingga Anda meninggalkan kantor lama Anda dengan kesan positif.
  1. Jaga Bicara
    Bisa jadi Anda mengundurkan diri karena ketidakcocokan dengan atasan atau rekan kerja Anda. Tapi, tetap jaga bicara Anda hingga saat Anda mengundurkan diri, baik secara langsung maupun di media sosial. Menjelek-jelekkan atasan atau rekan kerja Anda sebagai alasan Anda mengundurkan diri akan meninggalkan kesan negatif pada diri Anda. Lagi pula, siapa tahu suatu saat nanti Anda harus bekerja sama lagi dengan atasan atau rekan kerja Anda tersebut?
  1. Kembalikan Semua Properti Kantor
    Selama bekerja, mungkin Anda mendapatkan pinjaman seperti laptop kantor atau properti lainnya. Jangan lupa untuk mengembalikan barang-barang ini sebelum Anda pindah ke kantor baru.
  1. Perhatikan Etika Kerja Dan Kontrak Anda
    Walaupun sudah tidak bekerja di kantor lama Anda, Anda tetap harus menjaga kerahasiaan perusahaan serta klien Anda. Hal ini semakin harus diperhatikan jika Anda pernah menandatangani non-disclosure agreement.
  1. Pamit
    Pamit kepada seluruh rekan kerja, baik secara langsung maupun melalui email, memberikan kesan yang baik. Terima kasih yang sederhana atas kesempatan Anda untuk bekerja dan mempelajari hal baru di kantor Anda pun cukup, kok.
  1. Jangan Lupakan Klien Anda
    Jangan lupa menginformasikan pada klien atau pihak lain di luar perusahaan yang berhubungan dengan Anda mengenai pengunduran diri Anda. Perkenalkan juga mereka dengan orang yang menggantikan Anda, untuk memastikan transisi pekerjaan yang mulus.
  1. Jaga Kontak Dengan Atasan Dan Rekan Kerja
    Jaga networking Anda dengan atasan dan rekan kerja di kantor lama. Bukan tidak mungkin networking ini akan berguna bagi Anda di masa depan.

BACA JUGA :
Tujuh Hal yang Diharapkan oleh Atasan Anda
Membuat Karyawan Bahagia di Kantor
Rahasia Sukses saat Wawancara Pekerjaan
Tips Menyelesaikan Pekerjaan Dengan Efektif

Meninggalkan kesan positif di kantor lama Anda sangat penting bagi riwayat kerja Anda. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti Anda akan bertemu dan bekerja sama lagi dengan orang-orang dari kantor lama Anda, kan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life