DCSIMG

How To Be Healthy

Cinta Kan Membawamu Kembali Sehat

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Cinta Kan Membawamu Kembali SehatKetika Anda datang pada seorang dokter untuk meminta solusi kesehatan, jarang sekali dokter akan memberikan solusi dengan berkata, “Perbaiki kehidupan cintamu!”. Anda lagi-lagi akan diberikan resep-resep obat untuk menyembuhkan sakit Anda.

Pernahkan terpikir bahwa perasaan cinta, entah mencintai atau dicintai, bisa membuat hidup kita lebih sehat?

BACA JUGA: Hidup Lebih Lama Karena Peduli Sesama

Cinta dan Makanan Sehat
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan hati yang dipenuhi suasana cinta akan cenderung memilih makanan yang sehat. Cinta disini adalah jenis “cinta bijaksana” dan bukan jenis “cinta penuh nafsu”. Orang dengan perasaan cinta bijaksana akan cenderung memiliki rencana jangka panjang terhadap pasangannya. Dia akan memikirkan bahwa tubuhnya harus selalu sehat karena dia memiliki tanggung jawab terhadap pasangannya. Itulah sebabnya orang-orang ini akan cenderung memilih makanan penuh nutrisi dan bergizi untuk menjaga kesehatannya.

Mood orang yang sedang dalam perasaan cinta akan cenderung tenang. Ketenangan inilah yang akan membuat orang tidak sembarangan memilih makanan. Bandingkan jika hati sedang tidak tenang atau depresi. Makan sering menjadi pelarian dan pilihan makanan pun akan cenderung tidak sehat dan hanya menyenangkan dimulut.

Cinta dan Tubuh Sehat
Bisakah perasaan cinta bisa menurunkan stress, mengurangi depresi, dan mempercepat penyembuhan cedera? Ya bisa. Ada beberapa penelitian yang sudah mengungkapkan hal tersebut.

Penelitian ini melibatkan pasangan yang sudah menikah dan dari hasilnya diketahui bahwa orang-orang yang sudah menikah sebagian besar lebih bahagia, berumur lebih panjang, dan lebih jarang datang kedokter. Pasangan yang bahagia dalam pernikahan juga memiliki tekanan darah lebih rendah.

Memang tidak semua pernikahan bahagia. Pernikahan yang tidak bahagia justru membuat orang akan memiliki resiko darah tinggi dan gampang stress. Tapi tidak perlulah kita membahas sesuatu yang tidak bahagia disini. Just focus on happy one.

Mencintai pasangan akan membuat seseorang lebih memperhatikan kesehatan, menjauhi kebiasaan tidak sehat dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang memiliki resiko celaka lebih tinggi. Perasaan mencintai dan dicintai ini juga akan menstimulus tubuh untuk menghasilkan dopamine yang ada diotak. Dopamine adalah sebuah sistem transfer syaraf yang sangat kuat untuk menghantarkan stimulus dari otak yang meningkatkan motivasi dan kebahagiaan. Biasanya dopamine timbul pada orang-orang, sebagai contoh, yang menang undian besar atau mengkonsumsi kokain.

Jika dibandingkan antara pasangan yang sudah menikah lama dan yang baru menikah, pasangan lama dan baru sama-sama memiliki sistem dopamine yang aktif. Perbedaannya, area otak pasangan yang baru menikah memiliki aktifitas kuat dibagian yang berhubungan dengan rasa gelisah, obsesi tinggi, dan ketegangan.

Buat Anda yang belum memiliki pasangan, bukan berarti sistem dopamine tidak bekerja. Hubungan yang baik dengan teman, keluarga, tetangga, atapun rekan kerja akan mengaktifkan sistem dopamine sekitar 50%.

Jadi, temukanlah cinta disekitar Anda. Find it, keep it, and maintain it.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life