DCSIMG

How To Be Healthy

Pernikahan Bahagia Membuat Hidup Kita Lebih Sehat

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Pernikahan Bahagia Membuat Hidup Kita Lebih Sehat

Sudahkah Anda berhenti merokok? Menjaga pola makan sehat? Rutin berolahraga pun sudah Anda jalani? Kalau tujuan Anda adalah tubuh yang lebih sehat, ada satu hal lain yang belakangan ini terbukti berhubungan dengan tubuh yang sehat, yaitu pernikahan yang bahagia!

Peneliti dari Michigan State University menemukan bahwa tingkat kematian pria yang sudah menikah menurun hingga 80% dibandingkan pria lajang. Sedangkan risiko kematian tersebut menurun sebanyak 59% pada wanita yang telah menikah. Penelitian juga menunjukkan bahwa pasangan yang telah menikah memiliki tingkat resiko penyakit jantung, Alzheimer’s, depresi, dan stres yang lebih rendah.

BACA JUGA: Pria Jadi Lebih Baik Setelah Menikah

Tapi apa yang menyebabkan orang yang telah menikah umumnya lebih sehat dibanding mereka yang belum menikah? Berikut ini beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya:

  1. Orang yang telah menikah biasanya lebih disiplin menjalani gaya hidup sehat.
    Gaya hidup sehat jadi lebih mudah dan menyenangkan dijalani bila kita menjalaninya bersama seseorang. Contoh: Anda jadi lebih rajin berolahraga bila melakukannya bersama pasangan atau keluarga Anda. Gaya hidup sehat pun lebih memberikan manfaat maksimal pada tubuh.
  2. Pasangan hidup menurunkan resiko depresi & stres.
    Kehidupan stabil pada pernikahan yang bahagia membantu menurunkan resiko depresi, terutama pada wanita. Memiliki pasangan yang selalu siap memberikan dukungan memang memberikan manfaat positif pada kesehatan mental Anda.
  3. Pelukan yang bermanfaat positif pada kesehatan.
    Orang yang telah menikah cenderung memiliki frekuensi berpelukan lebih besar dibanding orang yang belum menikah. Padahal pelukan memiliki efek positif pada kesehatan, sebagai akibat dari hormon oxytocine yang diproduksi saat berpelukan dan membantu mengatasi stres.
  4. Seks itu menyehatkan.
    Seks tak hanya membakar kalori dan membuat Anda lebih rileks. Menurut penelitian, hubungan intim membantu Anda tidur lebih nyenyak dan meningkatkan antibodi tertentu yang membantu melawan penyakit.

Hasil penelitian ini bukan berarti Anda harus buru-buru menikah demi hidup sehat lho. Pernikahan yang memberi manfaat positif pada kesehatan adalah pernikahan yang bahagia. Pernikahan yang tidak bahagia dan berujung pada perceraian justru bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Tapi kalau Anda sudah merasa siap dan cocok dengan pasangan Anda, tak ada salahnya Anda mempertimbangkan langkah selanjutnya dengan melangkah ke pernikahan untuk hidup lebih bahagia dan lebih sehat.

Sumber:
foxnews.com
cleveland.cbslocal.com
huffingtonpost.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life