DCSIMG

How To Be Wealthy

Stabilkan Keuangan Hanya Butuh Satu Menit

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Stabilkan Keuangan Hanya Butuh Satu MenitAnda mungkin menganggap bahwa menjaga kesehatan finansial keluarga Anda membutuhkan waktu yang banyak. Padahal, Anda bisa membagi ‘tugas besar’ Anda tersebut menjadi beberapa tugas kecil yang sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama.

BACA JUGA: Perbaiki Keuangan Anda Pasca Libur Akhir Tahun

Coba atur jadwal untuk meluangkan waktu beberapa menit dalam rutinitas harian Anda untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Sisihkan 10-15% dari pendapatan Anda untuk tabungan
    Setelah mendapat gaji, luangkan waktu untuk memindahkan 10-15% dari gaji Anda ke rekening terpisah untuk tabungan Anda. Kalau Anda menggunakan fasilitas e-banking atau mobile banking, kegiatan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Tentu saja, dana yang sudah ditabung tak boleh diganggu gugat untuk keperluan bulanan Anda.
  2. Catat pengeluaran harian Anda
    Luangkan waktu malam hari sebelum tidur untuk mencatat pengeluaran Anda pada hari itu. Kalau perlu, Anda bisa langsung mencatat pengeluaran setelah tiap transaksi. Misalnya, ketika Anda membeli kopi kesukaan, langsung catat jumlah uang yang Anda keluarkan di handphone atau di buku catatan Anda. Kebiasaan ini akan membantu Anda mengetahui pengeluaran bulanan Anda dan menekan pengeluaran yang tidak perlu, misalnya pengeluaran untuk makan di restoran, biaya ‘ngopi’, dll.
  3. Bayar tagihan tepat waktu
    Salah satu contoh pengeluaran tak perlu adalah denda akibat terlambat membayar tagihan rumah tangga, misalnya tagihan listrik, telfon, dll. Jadi, luangkan waktu untuk membayar tagihan untuk menghindari denda.
  4. Kurangi kartu kredit Anda
    Periksa kartu kredit yang Anda miliki dan dahulukan melunasi kartu kredit dengan bunga yang lebih tinggi. Setelah hutang di kartu kredit tersebut lunas, tutup kartu kredit Anda tersebut.

Langkah di atas hanyalah beberapa langkah awal menuju keadaan finansial yang sehat. Langkah selanjutnya, seperti menyiapkan dana pensiun, pendidikan anak, dll tetap harus Anda perhatikan. Tapi tentu saja, segala sesuatu dimulai dengan langkah kecil, kan?

Kalau Anda masih belum disiplin menjalankan hal sederhana di atas, bukan tidak mungkin Anda kesulitan menjalani rencana keuangan Anda yang lebih besar. Ayo luangkan waktu Anda selama satu menit untuk langkah sederhana di atas, lalu jadikan hal tersebut untuk pijakan menuju keadaan keuangan keluarga yang lebih sehat.

Sumber:
finance.yahoo.com
cnbc.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life