DCSIMG

How To Be Wealthy

Tips Belanja Pintar Akhir Tahun

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Tips Belanja Pintar Akhir TahunAkhir tahun identik dengan bonus akhir tahun yang bisa dianggap sebagai pemasukan tak terduga. Sayangnya, semua dana ekstra ini seringkali jadi sia-sia akibat godaan year-end sale yang menggiurkan. Akibatnya, Anda jadi membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan dan rencana menabung pun hanya jadi niat saja.

BACA JUGA: Perbaiki Keuangan Anda Pasca Libur Akhir Tahun

Apa Anda mengalaminya tahun baru kemarin? Berikut adalah bagaimana cara berbelanja dengan pintar di akhir tahun ini?

  1. Buat Budget
    Catat barang-barang yang Anda butuhkan, termasuk kado Natal untuk semua orang dan bonus akhir tahun untuk karyawan Anda (pembantu rumah tangga, supir, dll), serta budget yang Anda miliki untuk tiap barang tersebut.
  2. Riset Sebelum Berbelanja
    Untuk barang yang agak ‘besar’ seperti alat elektronik, pilihlah merk dan tipe terbaik yang masih sesuai dengan budget Anda. Riset online mengenai review pemakai, misalnya di consumerreports.org bisa membantu Anda memilih produk yang paling tepat.
  3. Belanja Hemat
    Year-end sale adalah saat tepat untuk berbelanja hemat. Budget serta riset sebelum belanja yang disebutkan dalam poin di atas akan mencegah Anda membeli barang yang tidak Anda butuhkan atau tidak sesuai dengan budget Anda.
  4. Online Shopping
    Kadang-kadang Anda bisa mendapatkan barang yang Anda incar dengan lebih murah melalui online shopping. Beberapa online shop bahkan memberikan promo seperti gratis ongkor kirim. Jadi, tak ada salahnya untuk mengecek ketersediaan barang incaran Anda di internet sebelum berbelanja di toko.
  5. Berbelanja Tunai
    Belanjakanlah uang yang Anda punya, sesuai dengan budget yang telah Anda siapkan. Jangan tergoda untuk menggunakan kartu kredit Anda untuk menghindari belanja melebihi kemampuan Anda.

Membelanjakan hasil kerja keras Anda memang tak ada salahnya, asalkan yang Anda beli adalah memang yang Anda butuhkan. Jangan sampai kondisi keuangan Anda malah jadi berantakan akibat belanja berlebihan di akhir tahun. Anda pasti tidak mau memulai tahun baru dengan kondisi keuangan yang tidak sehat, kan? Jadi, ayo berbelanja dengan pintar!

Sumber:
huffingtonpost.com
realsimple.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life