DCSIMG

How To Be Wealthy

Panduan Resolusi Keuangan di Tahun Baru

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Panduan Resolusi Keuangan di Tahun Baru

  • Mulai berolahraga secara rutin
  • Turunkan berat badan setidaknya 5 kg
  • Berhenti merokok

Poin di atas merupakan contoh resolusi tahun baru yang dimiliki banyak orang. Tapi jangan cuma resolusi pribadi untuk kesehatan tubuh saja yang Anda siapkan. Coba siapkan juga beberapa poin resolusi tahun baru untuk semakin menyehatkan keadaan keuangan Anda. Evaluasi keadaan keuangan Anda selama setahun kebelakang.

Kalau beberapa hal berikut ini belum berhasil Anda capai, mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai bagian dari resolusi tahun baru Anda.

  1. Lunasi Hutang
    Buat daftar prioritas dari semua hutang yang Anda miliki, mulai dari hutang dengan bunga yang tertinggi. Hutang konsumtif dengan bunga tinggi seperti hutang kartu kredit harus segera dilunasi. Semakin lama Anda melunasi hutang kartu kredit, maka semakin banyak pula uang Anda yang terpakai untuk membayar bunga hutang tersebut.
  2. Evaluasi Investasi
    Keadaan ekonomi memang selalu berubah. Investasi yang menghasilkan tahun lalu, bisa jadi tak lagi menjanjikan pada masa sekarang. Karena itu, evaluasi investasi yang telah Anda miliki. Apakah hasil yang Anda dapatkan masih sesuai dengan target yang Anda miliki? Kalau tidak, pertimbangkan untuk memindahkan investasi Anda ke bentuk investasi lain yang lebih menguntungkan. Belum memiliki investasi? Mulailah segera di tahun yang baru ini.
  3. Menabung Lebih Banyak
    Sebenarnya Anda tak memerlukan pemasukan/gaji lebih besar untuk bisa menabung lebih banyak. Coba deh catat pengeluaran Anda selama sebulan. Bisa jadi Anda terkejut melihat bahwa banyak ‘kantong’ pengeluaran yang tidak perlu, misalnya pengeluaran untuk jalan-jalan ke mall setiap minggu, dll. Setelah melihat data pengeluaran Anda, mulailah memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Dana yang Anda miliki bisa Anda tabung untuk dana tunai darurat ataupun untuk investasi.
  4. Tambah Pengetahuan Finansial
    Anda tak perlu jadi ahli finansial untuk bisa mengatur keuangan keluarga. Yang penting Anda mau belajar dan mencari tahu mengenai berbagai cara untuk terus meningkatkan kesehatan kondisi keuangan keluarga Anda.

Saatnya membuat langkah baru yang lebih baik. Buatlah rencana yang matang dan disiplin ikuti rencana tersebut untuk mencapai tujuan Anda. Semoga semua resolusi Anda terwujud pada akhir tahun depan dan kesehatan kondisi finansial keluarga Anda terus terjaga.

Sumber:
investopedia.com
dailyfinance.com
beginnersinvest.about.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life