DCSIMG

How To Be Healthy

Efek Buruk dari Kurang Tidur

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Efek Buruk dari Kurang TidurTahukah Anda bahwa mengemudi  kendaraan saat mengantuk dan kurang tidur menyebabkan lebih dari 100.000 kecelakaan mobil dan menyebabkan sekitar 1.550 kematian setiap tahun di Amerika Serikat? Beberapa tragedi besar seperti krisis nuklir di Chernobyl dan Three Mile Island juga konon disebabkan oleh human error akibat karyawan yang kurang tidur. Jangan heran, efek kurang tidur memang begitu besar bagi tubuh Anda. Beberapa diantaranya menyebabkan timbulnya penyakit degeneratif, lengkapnya bisa Anda simak efek dari kurangnya tidur berikut ini:

  1. Terjangkit Diabetes Kurang tidur mengganggu toleransi tubuh terhadap glukosa, sehingga meningkatkan resiko masalah diabetes dan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 5-6 jam per malam meningkatkan resiko diabetes hingga 2 kali lipat.
  2. Naiknya Berat Badan Jangan dengarkan mitos yang mengatakan bahwa orang yang kurang tidur cenderung lebih kurus. Kenyataannya, kurang tidur secara berkepanjangan membuat tubuh memproduksi lebih banyak ghrelin, yaitu hormon yang menimbulkan rasa lapar. Akibatnya, Anda jadi lebih mudah lapar dan makan berlebihan. Penelitian juga menunjukkan peningkatan resiko obesitas pada orang yang tidur 2-4 jam tiap malam.
  3. Lebih Mudah Sakit Masalah kurang tidur mengganggu sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, orang yang kurang tidur cenderung lebih rentan terhadap infeksi dan lebih mudah sakit.
  4. Mengganggu Produktivitas Kerja Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur yang terjadi secara berkepanjangan mengganggu proses belajar dan berpikir seseorang. Kemampuan berpikir kreatif dan logis, serta memori Anda akan menurun saat Anda kurang tidur.
  5. Mengakibatkan Depresi Kalau diproduksi dalam jumlah yang tepat, hormon cortisol memiliki manfaat yang penting bagi tubuh. Masalahnya, hormon cortisol dikaitkan dengan timbulnya stres, dan produksi hormon ini secara berlebihan bisa menyebabkan depresi. Hal inilah yang terjadi pada orang yang kurang tidur.

Durasi tidur orang dewasa yang disarankan demi kesehatan adalah 7-9 jam per malam. Efek kurang tidur beberapa jam mungkin tidak langsung Anda rasakan. Tapi kalau berlangsung berkepanjangan, efek negatifnya tak hanya terasa secara fisik, tapi juga emosional. Jadi, penting juga untuk mengatur jadwal tidur bagi tubuh kita setiap harinya. Sumber: huffingtonpost.com prevention.com breakingmuscle.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life