DCSIMG

Kuis

Belanja Foya-Foya Tapi Budget Tetap Terjaga

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Belanja Foya-Foya Tapi Budget Tetap TerjagaBelanja sudah pasti jadi jadwal tak terhindarkan di tiap liburan. Sayangnya, masalah berbelanja saat liburan ini juga selalu itu-itu saja. Budget yang tidak mencukupi, lapar mata, titipan oleh-oleh yang membludak, hingga teman liburan yang konsumtif. Jangan mau kena masalah yang itu-itu saja! Anda bisa kok berbelanja apapun dengan lancar, asal tahu triknya & mau bersusah-susah sedikit.

  1. Siapkan budget belanja berdasarkan tujuan
    Pisahkan budget belanja untuk keperluan sendiri, budget belanja untuk oleh-oleh (jika penitip oleh-oleh tidak memberikan uang sebelumnya), dan budget belanja kebutuhan tak terduga (seperti kehabisan peralatan mandi, butuh sandal, payung, dan sebagainya). Dengan budget yang sudah dipisahkan, Anda tidak akan lagi pusing kehabisan uang untuk berbelanja hal tertentu. Sebab semua sudah disiapkan jatahnya.
  2. Waspada teman liburan konsumtif!
    Terkadang, Anda tidak selalu berlibur dengan orang yang cocok. Selamat jika Anda sudah memiliki partner liburan yang cocok, termasuk gaya berbelanja. Jika tidak, waspada pada partner liburan yang konsumtif. Partner tipe ini bisa saja menularkan gaya berbelanjanya sehingga Anda terbawa. Usahakan untuk stick to your budget. Jika teman Anda mulai konsumtif, usahakan menolak halus atau berkompromi untuk alihkan ke hal lain. Ini demi kenyamanan berbelanja Anda juga lho.
  3. Selektif menampung titipan
    “Mau ke luar negeri ya? Nitip dongg…”
    Untuk kita orang Indonesia, tidak jarang banyak teman atau keluarga yang mendadak titip dibelikan oleh-oleh. Entah dengan memberi dana sebelumnya atau minta dibelikan dahulu oleh Anda. Boleh saja berbaik hati, cuma jangan jadi senjata makan tuan & kewalahan sendiri. Ikuti trik ini:

    • Dahulukan titipan atau oleh-oleh untuk keluarga
    • Bila budget Anda tidak berlebih, utamakan teman yang menitipkan uangnya langsung untuk oleh-oleh, sehingga Anda tak harus “nombok”.
  4. Cari tahu perbedaan barang asli dan palsu
    Tidak jarang, motif belanja kita adalah untuk membeli barang branded di luar negeri dengan harga miring. Namun, pintarlah dalam membedakan barang palsu dan asli. Bagi Anda yang bisa langsung pergi ke toko resminya, selamat karena keasliannya terjamin. Jika tidak, baiknya Anda browsing terlebih dulu cara membedakan barang (yang Anda cari) asli & palsu. Jangan sampai sekadar lapar mata lalu rugi karena salah membeli.
  5. Hindari membeli oleh-oleh yang cenderung standar
    “Standar” yang dimaksud adalah oleh-oleh yang cenderung selalu dipilih ketika berlibur. Bali? Kaos pantai merk bir ternama, gantungan kunci papan selancar, hingga kaos leak. Paris? Semua yang berbau menara Eiffel. Pilihan oleh-oleh yang cenderung “overused” ini biasanya dipilih traveler untuk dibagikan secara masal, misalnya rekan-rekan kantor. Hindari juga oleh-oleh yang sebenarnya sudah ada di negeri / kota Anda sendiri. Selain rugi, cenderung tidak terasa sebagai oleh oleh, bukan? Jadi, sebisa mungkin kreatiflah dalam memilih oleh-oleh masal, yang tetap terjangkau namun juga unik. Tak ada salahnya kan, berniat lebih dalam memilih oleh-oleh untuk teman-teman?🙂
  6. Pilih oleh-oleh yang menguntungkan Anda
    Selain memilih oleh-oleh yang cenderung unik, pastikan juga menguntungkan Anda dari sisi budget. Oleh-oleh unik tidak selalu mahal, toh? Asal kita kreatif dalam memilih. Misalnya, usahakan mencari oleh-oleh di tempat yang bisa tawar-menawar. Jika tidak, pilih barang yang menawarkan diskon, seperti “buy 1 get 1” dan potongan harga.

Bagaimana? Berbelanja saat liburan tidak harus selalu berakhir dengan “kalap” kok. Kuncinya, asal kita tahu mengakalinya dan mau berusaha lebih sedikit. Hasilnya juga tidak akan merugikan Anda, justru menenangkan.

Punya pengalaman unik atau serupa tentang berbelanja sata liburan? Share di sini dan raih gadget menariknya!

andi aryonapada

Sangat bagus promonya dengan bercerita liburan

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life