DCSIMG

How To Be Healthy

Aloe Vera untuk Kulit Cantik dan Sehat

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Aloe Vera untuk Kulit Cantik & SehatSalah satu bahan alami yang paling sering digunakan dalam berbagai macam produk untuk kecantikan kulit yang tersedia di pasaran adalah aloe vera. Pemilihan bahan ini bukannya tanpa alasan, karena aloe vera alias lidah buaya memiliki berbagai manfaat bagi kulit, diantaranya:

  1. Kandungan antioksidan dalam aloe vera membantu pembentukan jaringan kulit baru, sehingga membantu penyembuhan luka.
  2. Membantu menjaga kelembaban kulit tanpa membuat kulit menjadi berminyak
  3. Membantu melunakkan dan mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat kulit menjadi lebih halus
  4. Membantu proses pembaharuan sel kulit, sehingga mencegah masalah penuaan dini

Dengan berbagai manfaat di atas, tak heran kalau aloe vera sering digunakan sebagai bahan alami produk perawatan kulit. Anda yang memiliki tanaman lidah buaya di kebun juga bisa menggunakan sari lidah buaya alami secara langsung untuk merawat kulit. Caranya, cuci bersih daun lidah buaya, lalu iris daunnya untuk mengeluarkan sari mirip gel yang terdapat di dalamnya. Beberapa cara untuk menggunakan aloe vera untuk merawat kulit adalah:

  1. Sebagai body scrub. Iris daun lidah buaya dan gunakan gel di dalam daunnya untuk body scrub saat Anda sedang mandi
  2. Tangan Anda terkena minyak atau panci panas saat sedang memasak di dapur? Oleskan sari lidah buaya ke luka bakar Anda untuk membuatnya terasa lebih ‘dingin’. Untuk luka bakar yang lebih parah, gunakan campuran sari lidah buaya dengan minyak vitamin E. Gel aloe vera juga bisa digunakan untuk kulit yang terbakar matahari.
  3. Aloe vera juga membantu menghilangkan memar karena luka benturan
  4. Kalau kulit Anda gatal karena digigit serangga, oleskan aloe vera untuk menghilangkan rasa gatal yang Anda rasakan
  5. Aloe vera bisa mengubah pigmentasi, mencerahkan kulit, dan menghilangkan bintik hitam pada kulit.
  6. Gunakan sebagai pembersih muka. Oleskan gel aloe vera pada wajah, lalu bilas setelah sekitar 20 menit. Anda juga bisa mengoleskan gel aloe vera pada wajah dan menghapusnya segera dengan kapas sebagai pembersih make-up.
  7. Untuk melembabkan kaki yang kering, oleskan campuran gel aloe vera dengan oatmeal, body lotion, dan maizena pada kaki Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  8. Sebagai cairan pencuci tangan. Sifat anti bakterial pada gel aloe vera membuatnya cocok digunakan sebagai hand sanitizer. Campurkan gel aloe vera, alkohol, dan essential oil kesukaan Anda untuk membuat hand sanitizer yang harum namun tidak membuat kulit Anda kering.

Berminat menanam lidah buaya di kebun Anda? Silakan saja! Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit untuk bisa tumbuh subur. Anda hanya perlu memotong daun lidah buaya yang telah matang secara rutin untuk terus mendorong pertumbuhan daun baru. Setelah daun dipotong, segera gunakan gel yang keluar dari daunnya.

Kalau Anda ingin menyimpannya, bungkus bagian daun lidah buaya dengan plastik, lalu simpan dalam kulkas. Gel dari daun lidah buaya tersebut masih bisa dipakai setelah 1 bulan. Cara praktis nan hemat untuk merawat kulit!

Sumber:

health.howstuffworks.com
articles.timesofindia.indiatimes.com
skincarewithfood.com.au
prevention.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life