DCSIMG

How To Be Wealthy

Melirik Produk Asuransi Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Melirik Produk Asuransi SyariahSejak akhir abad ke-20, perkembangan ekonomi syariah secara global mulai meningkat. Semakin banyak bank-bank Islam yang menerapkan prinsip syariah, yaitu sistem perbankan yang tidak meminjamkan atau memungut pinjaman dengan bunga pinjaman (riba) dan memiliki larangan untuk berinvestasi pada usaha yang berkategori haram menurut ajaran Islam.

Aset lembaga keuangan syariah di dunia diperkirakan telah mencapai sekitar 250 miliar dolar AS dengan pertumbuhan sekitar 15% per tahun. Perkembangan positif ini juga terlihat pada perkembangan ekonomi syariah di Indonesia dengan meningkatnya aset perbankan syariah dari Rp49,6 triliun pada 2008 menjadi Rp223 triliun pada Agustus 2013.

Walaupun bisa dibilang berkembang cukup pesat, perbankan syariah Indonesia saat ini masih belum menembus pangsa pasar 5%. Padahal Indonesia punya potensi besar sebagai pemain keuangan syariah global, terutama karena sebagian besar penduduk Indonesia beragama muslim. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup tinggi, yaitu sekitar 6-6,5%, juga bisa jadi faktor pendukung berkembangnya ekonomi syariah Indonesia.

Prinsip asuransi syariah sendiri tidak jauh berbeda dengan perbankan syariah, yaitu mengumpulkan dana dari nasabah untuk dikelola sesuai dengan syariah Islam. Sistem pada asuransi syariah juga menggunakan sistem bagi hasil.

Dengan besarnya potensi asuransi syariah, makin banyak pula perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi syariah. Salah satunya adalah Sun Life Financial Indonesia yang mendapatkan 2 penghargaan dalam ajang 9th Islamic Finance Awards, yaitu juara 1 untuk kategori The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan aset di bawah Rp 100 miliar, dan juara 3 untuk kategori The Best Islamic Life Insurance.

Dengan keberhasilan ini, Sun Life Financial Indonesia pun akan terus meningkatkan layanan pada 2 produk asuransi syariahnya, yaitu Brilliance Hasanah Sejahtera (produk asuransi jiwa dan investasi dengan pembayaran berkala) dan Brilliance Hasanah Protection Plus (produk asuransi unit linked kontribusi tunggal).

Lalu bagaimana dengan Anda? Produk asuransi jenis apa yang Anda miliki saat ini? Apakah jenis asuransi konvensional atau syariah?

Sumber:
republika.co.id
pesona.co.id
id.wikipedia.org

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life